Rabu, 14 November 2018

Soal Passing Grade CPNS 2018, Bupati Bolmong Temui MenPAN RB

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, BOLMONG – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 tengah berlangsung dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) dengan total nilai ambang batas (passing grade) 298 poin dari 3 bagian materi tes.

Namun melihat dari hasil tes sejumlah daerah di Indonesia yang telah melaksanakan seleksi CPNS, sangat sedikit yang berhasil mencapai passing grade yang telah ditentukan. Hal ini menjadi suatu keprihatinan bagi daerah baik yang telah melaksanakan seleksi maupun yang belum.

Kabupaten Bolaang Mogondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut), akan melaksanakan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS pada tanggal 9 – 12 November 2018, namun melihat kondisi yang terjadi di beberapa daerah, pemerintah kabupaten mengambil langkah guna mengantisipasi agar kebutuhan akan PNS di daerah dapat mendapatkan solusi terbaik dari pemerintah pusat.

Sebagai Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, perlu mengambil sikap akan kondisi yang ada. Oleh karena itu, Yasti mengambil langkah dengan menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Safrudin untuk meminta masukan atas kondisi yang ada.

“Banyaknya peserta yang tidak lolos passing grade di beberapa kabupaten dan kota, sehingga perlu adanya antisipasi yang dilakukan Pemkab dengan menemui Menteri,” ujar Yasti usai bertemu MenPAN RB, Rabu (7/11/2018).

Yasti yang ditemani Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, merasa pesimis dengan kelulusan peserta yang akan ikut SKD di daerahnya dengan nilai passing grade cukup tinggi yang telah ditentukan pemerintah pusat saat ini.

Sebagaimana diketahui, total ada 100 soal pada SKD CPNS tahun 2018 dan terbagi atas 3 materi tes yaitu, tes karateristik pribadi (TKP), tes intelegensi umum (TIU) dan tes wawasan kebangsaan (TWK). Dari ketiga tes, peserta diberikan waktu selama 90 menit untuk mencapai passing grade senilai 298 poin.

Berikut poin dari masing-masing materi tes :

143 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi,
80 poin untuk Tes Intelegensi Umum dan
75 poin untuk Tes Wawasan Kebangsaan.

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
1000
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
terbaru terlama terpopuler
trackback

[…] Peluang ASN, TNI dan Polri Miliki Rumah dengan DP 0 Persen Sampai Usia Pensiun 1 menit lalu 0 Soal Passing Grade CPNS 2018, Bupati Bolmong Temui MenPAN RB 1 jam lalu 0 Akhirnya […]

instink.net