Rabu, 14 November 2018

Kunjungan Bupati Yasti ke “Negeri Diatas Awan”

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, BOLMONG – Julukan negeri diatas awan disematkan Marsidi Kadengkang, Kepala Desa Mengkang, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

Hari Kamis (15/3/2018), desa tersebut mendapat kunjungan dari Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow bersama rombongan untuk meresmikan jembatan desa yang baru dibangun dengan menggunakan dana desa tahun 2017.

Kedatangan Bupati Yasti disambut secara adat dengan tari jemputan khas Bolmong, yakni tari Tuitan.

Baca Juga : Pemerintah dan DPRD Bolmong Datangi Lokasi “Itum-itum”

Selain meresmikan jembatan, Yasti bersama rombongan menyempatkan diri mengunjungi rumah adat Monibi yang ada di desa tersebut. Di rumah adat mongondow ini, terdapat benda-benda asli peninggalan sejarah suku mogondow.

Bangga dengan hal itu, Yasti memberikan apresiasi yang tinggi atas peran aktif masyarakat desa mengkang dalam melestarikan kebudayaan suku mongondow.

Yasti menuliskan namanya usai menanam bibit pohon cempedak.

Di kesempatan yang sama, Yasti juga melakukan penanaman bibit pohon cempedak yang ditanam dihalaman rumah adat Monibi.

Ada keunikan lain di desa ini, meski tak tersentuh aliran listrik PLN, masyarakatnya bisa menikmati aliran listrik dari teknologi mikrohida atau kincir angin yang dibuat masyarakatnya berkat ide sang kepala desa.

Berkat inovasinya di desa itu, Marsidi pernah dinobatkan sebagai Pejuang Kehidupan oleh PT Astra Honda Motor. Desa Mengkang juga pernah mendapat penghargaan CIDA Awards dari Duta Besar Kanada pada tahun 2012, atas keberhasilan memanfaatkan potensi alam dari teknologi tersebut.

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net