Rabu, 26 September 2018

Yasti Serahkan 560 Sertifikat PTSL kepada Warga 6 Desa di Dumoga Bersatu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, BOLMONG – Penyerahan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada 560 warga dari 6 desa di kecamatan dumoga bersatu, dilakukan oleh Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow, pada kegiatan audiensi Bupati bersama warga di Desa Pusian, Kecamatan Dumoga, Senin (5/3/2018).

Keenam desa tersebut yakni Desa Pusian, Pusian Barat dan Pusian Selatan yang ada di Kecamatan Dumoga, Desa Pinonobatuan Barat di Kecamatan Dumoga Timur serta Desa Tapadak I dan Tapadaka Timur di Kecamatan Dumoga Tenggara.

Penyerahan secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Yasti kepada 12 warga pemegang sertifikat. Penyerahan sisa sertifikat dilakukan usai kegiatan audiensi.

Baca Juga : (Video) Protes Masyarakat Desa Pinonobatuan Atas Biaya Penerbitan Sertifikat PTSL

Bupati Yasti berpesan kepada warga pemegang sertifikat agar disimpan sebaik-baiknya dan digunakan untuk hal-hal positif. Dikesempatan yang sama, Bupati juga membacakan pesan Presiden RI Joko Widodo.

“Saya ucapkan selamat kepada bapak ibu penerima sertifikat tanah. Pesan saya,sertifikat ini adalah tanda bukti hukum hak atas tanah. Diberi sampul plastik, supaya bila rumahnya bocor tidak kebasahan dan tidak mudah rusak, di fotocopy supaya bila hilang dapat mudah mengurus penggantinya di kantor BPN,” kata Presiden melalui Bupati Yasti.

Menurut Presiden kata Yasti, sertifikat yang akan dijadikan jaminan hutang, harus lebih berhati-hati, agar dikalkulasi dengan baik dan gunakan pinjaman untuk modal yang produktif.

“Jangan sampai sertifikat ini hilang karena dilelang sebagai pelunasan hutang,” kata Yasti mengutip Presiden.

Baca Juga : Musrenbang Kecamatan : Usulan Tiap Desa di Bolmong Melalui Aplikasi e-Planing

Sementara Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bolmong, Tomi Massie, berterima kasih kepada pemerintah bolmong, telah memfasilitasi penyerahan sertifikat PTSL.

“BPN tidak memiliki biaya untuk kegiatan ini. BPN bersyukur atas bantuan pemerintah sehingga warga tidak jauh-jauh ke kantor untuk menerima sertifikat,” kata Tomi.

Turut hadir pada kegiatan ini, Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang, para pimpinan SKPD, Muspika Kecamatan Dumoga, para Camat Dumoga Bersatu, Kepala Desa serta warga dumoga.  

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net