Jumat, 17 Agustus 2018

Insan Kelautan dan Perikanan Bolmong Dilatih Mengelola Bantuan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow menyiapkan pelatihan untuk nelayan tangkap dan petani budidaya ikan air tawar yang ada di wilayah kecamatan Lolak dan Passi Barat.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Bolmong dengan menghadirkan narasumber Sekretaris Daerah dan pejabat  Inspektorat serta dari Dinas Perikanan Bolmong.

“Kita ingin nelayan dan petani budidaya ikan mengetahui mekanisme usulan, pengelolaan sampai pada pelaporan bantuan yang diterima,” kata Kepala Dinas Perikanan Bolmong, Wahyudin Gonibala, Rabu (21/3/2018).

Baca Juga : Pemetaan Usaha Perikanan di Laut, Air Payau dan Air Tawar di Bolmong

Wahyudin menambahkan, legalitas kelompok nelayan dan petani budidaya juga perlu ditingkatkan untuk memudahkan dalam manajemen pengelolaan bantuan.

“Semua kelompok usaha akan ditingkatkan dalam wadah koperasi agar lebih profesional,” jelasnya.

Baca Juga : MoU Kemendes PDTT dan Pemkab Bolmong tentang Program Prukades

Pelatihan yang akan melibatkan ratusan insan kelautan dan perikanan ini dilaksanakan di dua tempat yakni, kecamatan Passi Barat pada tanggal 27 maret 2018 untuk petani budidaya ikan air tawar dan kecamatan Lolak pada tanggal 29 maret 2018 untuk nelayan tangkap.

“Pelatihan untuk nelayan tangkap dilaksanakan di desa motabang sedangkan desa wangga jadi tempat pelatihan untuk petani budidaya ikan,” tandasnya.

Selain pengelolaan bantuan, diberikan pelatihan untuk pembuatan pakan mandiri, budidaya ikan mas dan lele serta perbaikan sarana prasana kelautan dan perikanan.   

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net