Rabu, 26 September 2018

Tim Bolmong Raih Juara di Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Kabupaten Bolaang Mongondow yang turut berpartisipasi pada Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam yang digelar di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, 6-8 Juli 2018, berhasil meraih juara.

Tim Bolmong yang terdiri dari Dinas Pariwisata Bolmong, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) dan masyarakat Desa Mengkang, mampu meraih peringkat ke-4 dari 77 peserta utusan dari 33 provinsi se Indonesia.

“Bolmong dapat penghargaan sebagai peserta terbaik keempat dari Dirjen Konservasi Daya Alam dan Ekosistem,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bolmong, Ulfa Paputungan, Kamis (12/7/2018).

Para Penari dari Sanggar Monibi Desa Mengkang yang menampilkan Tari Kalibombang dan Tari Bogani.

Menurut Ulfa, atas raihan prestasi ini, Bolmong diberikan piagam penghargaan dan plakat dari Kementerian LHK Republik Indonesia.

Sebelumnya, Koordinator tim Bolmong Lili Bagong mengatakan, pada festival ini, Kabupaten Bolmong menampilkan kesenian dan kuliner khas daerah.

“Tari Kalibombang dan Tari Bogani diminta tampil saat pembukaan. Kita juga menyuguhkan makanan ‘dinangoy’ yang dimasak langsung di stand. Banyak yang suka. ” ujar Lili.

Lili Bagong saat memperkenalkan masakan tradisional kepada para wisatawan.

Menariknya, untuk menghadirkan makanan tradisional khas, tim membawa bahan-bahan membuat ‘dinangoy’ langsung dari Bolmong.

“Pertimbangannya agar masakan yang dibuat biar sama dengan yang ada di Bolmong. Ada beberapa bahan makanan yang dijual di Yogya beda rasa dengan yang di Bolmong contohnya labu,” pungkasnya.

Pelaksanaan Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam yang digelar oleh PT Kiad Media Kreatif dan didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bertepatan dengan Hari Konservasi Nasional.           

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net