Senin, 10 Desember 2018

Tari Bogani Tampil Dipentas Nasional

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, BOLMONG – Keikutsertaan tim Bolaang Mongondow (Bolmong) pada Festival Taman Nasional dan Taman Wisata di Candi Prambanan, Yogyakarta, 6-8 Juli 2018, menampilkan kesenian, kuliner, usaha kecil menengah (UKM) dan destinasi wisata Bolmong.

Dibidang seni, Bolmong menampilkan tarian Kalibombang dan tarian Bogani yang dibawakan oleh penari sanggar “Monibi” dari Desa Mengkang, Kecamatan Lolayan.

Ada yang menarik dari penampilan tari Bogani. Meski baru diciptakan pada Juli 2017 oleh Haji Hamim Ambaru, tarian ini telah beberapa kali tampil dipentas nasional salah satunya di Kupang, Nusa Tenggara Timur, saat mewakili Provinsi Sulut pada lomba seni siswa tingkat nasional, dan menjadi terbaik kesembilan dari 34 provinsi.

Tari Bogani merupakan tarian yang menceritakan tentang betapa kuat dan tangkasnya Bogani (Patriot jaman dahulu dari suku Mongondow), untuk menjaga keamanan Raja dan keluarganya serta Komalig (Istana Raja).

“Penciptaan tari Bogani terinspirasi dari sejarah Bolaang Mongondow dan dari cerita rakyat,” tutur Haji Hamim (70) saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Baca : Bolmong Ikut Festival Taman Nasional dan Taman Wisata

Partisipasi Bolmong di Festival Taman Nasional dan Taman Wisata atas kerja sama Pemerintah Bolmong, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dan masyarakat Bolmong.

“Yang kita tampilkan ada tarian, demo memasak kuliner khas mongondow, hasil kerajinan UKM serta destinasi wisata di stand Bolmong,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bolmong, Ulfa Paputungan.

Menurut Ulfa, kesempatan ini digunakan pemerintah untuk lebih mengenalkan destinasi wisata di daerah Bolmong termasuk seni dan budaya serta kuliner khas Bolmong.

Pemandu wisata Desa Mengkang yang juga koordinator tim Bolmong, Lili Bagong menambahkan, masyarakat Desa Mengkang dipercayakan untuk mengisi kegiatan-kegiatan yang ada di festival.

“Sanggar seni “Monibi”yang ada di desa mengkang dipercayakan untuk menampilkan tari Kalibombang dan tari Bogani. Selain itu kita juga menyajikan kuliner tradisional yang dimasak langsung di stand,” kata Lili.

Dijelaskannya, saat penampilan tarian Kalibombang dan tarian Bogani, sinopsis tari dibacakan dalam bahasa Indonesia oleh Ulfa Paputungan dan diterjemahkan ke dalam bahasa inggris oleh dirinya.

Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam digelar oleh PT Kiad Media Kreatif dan didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.       

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
1000
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
terbaru terlama terpopuler
trackback

[…] keempat dari Dirjen Konservasi Daya Alam dan Ekosistem,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bolmong, Ulfa Paputungan, Kamis […]

instink.net