Senin, 14 Oktober 2019

[DATA] Jelang Cacah Jiwa, Berikut Jumlah Penduduk Bolmong per Kecamatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Jelang Cacah Jiwa atau lebih dikenal dengan sebutan Sensus Penduduk yang akan dimulai pada tahun 2020 nanti, Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini telah mulai mensosialisasikannya. Tujuan Sensus Penduduk tahun 2020, yakni menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk.

Pada pelaksanaannya, Sensus Penduduk terdiri dari 7 tahapan, yakni Koordinasi dan Konsolidasi, Penyiapan Basis Data Kependudukan, Pendataan Mandiri, Penyusunan Daftar Penduduk, Pemeriksaan Daftar Penduduk, Verifikasi Lapangan, dan Pencacahan Lapangan.

Baca : Bolmong Sambut Sensus Penduduk 2020

Di Indonesia, Sensus Penduduk serentak dilaksanakan pada tahun 2020. Hal yang sama tentunya berlaku di Kabupaten Bolaang Mongondow, Propinsi  Sulawesi Utara. Badan Pusat Statistik (BPS) selaku instansi penyelenggara, saat ini juga tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala BPS Bolmong, Jasni Makalungsenge bersama tim dari BPS telah menemui Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, pada Jumat (4/10/2019), guna membicarakan pelaksanaan tahapan Sensus Penduduk tahun 2020 mendatang.

Dalam pertemuan itu, Yasti menyatakan pemerintah kabupaten sepenuhnya mendukung kegiatan ini. Bahkan Ia mengimbau masyarakat Bolmong untuk turut menyukseskan program nasional itu.

“Sensus penduduk juga menjadi acuan arah kebijakan pembangunan di Bolmong,” ucap Yasti usai pertemuan.

Dikesempatan yang sama, Jasni mengatakan, pihaknya juga akan mengandalkan data dari Dinas Kependudukan dan Catat Sipil.

Sementara itu, berdasarkan data dari BPS, penduduk di Kabupaten Bolaang  Mongondow pada tahun 2018 sebanyak 244.185 jiwa dengan rasio jenis kelamin, yaitu laki-laki berjumlah 117.285 jiwa. Sedangkan perempuan berjumlah 126.900 jiwa.

  

Editor: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

three × four =

instink.net