Senin, 10 Desember 2018

Pemkab dan DPRD Bolmong Sepakati KUA-PPAS APBD 2019

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

instink.net, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten dan anggota DPRD Bolaang Mongondow (Bolmong) telah bersepakat terkait Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019. Ini ditandai dengan penandatanganan bersama dokumen perencanaan pembangunan daerah melalui rapat paripurna, Senin (19/11/2018) malam.

Pembahasan mengenai KUA-PPAS dilaksanakan berdasarkan amanat peraturan pemerintah (Perpres) nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah yang menyebutkan bahwa kebijakan umum anggaran merupakan dokumen yang memuat kondisi makro daerah bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan, serta asumsi yang mendasarinya untuk periode satu tahun.

Materi KUA-PPAS sebelum ditandatangani, terlebih dahulu dibahas pada internal DPRD kemudian antara DPRD dan pihak eksekutif, setelah dilaksanakannya pembahasan baik internal dewan, maupun antara dprd dengan pihak eksekutif. Kesepakatan ini nantinya akan dijadikan pedoman dalam penyusunan rancangan APBD Bolmong tahun anggaran 2019.

“KUA-PPAS bertujuan untuk menetapkan urutan prioritas program dari setiap urusan pemerintahan, serta menentukan plafon anggaran untuk setiap program di masing-masing perangkat daerah, sekaligus sebagai pedoman dalam penyusunan tahapan perencanaan selanjutnya, berupa penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah,” kata Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow saat memberikan sambutan di rapat paripurna.

Diakhir sambutannya, Yasti mengatakan bahwa, adanya kesepakatan KUA-PPAS, akan menghasilkan kinerja bersama yang semakin baik.

“Adanya dokumen ini, akan menghasilkan kinerja bersama yang semakin baik, dalam rangka mewujudkan masyarakat bolaang mongondow yang hebat, sejahtera, adil dan makmur. dalam rangka mewujudkan masyarakat bolaang mongondow yang hebat, sejahtera, adil dan makmur,” harapnya.

Rapat paripurna yang dilaksanakan di kantor DPRD Bolmong, Lolak, berlangsung hingga larut malam sekitar pukul 23.00 WITA.

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan DPRD Bolmong,Wakil Bupati, pejabat lingkup Pemkab dan anggota DPRD Bolmong.    

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net