Jumat, 17 Agustus 2018

Musrenbang RKPD Bolmong Tahun 2019, Realisasi Solusi Permasalahan Daerah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, BOLMONG – Rencana pembangunan dengan pendekatan partisiatif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan melalui penyelarasan program hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) desa dan kelurahan, kecamatan dan ditingkat kabupaten, menjadi dasar penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2019, proses koordinasi antar instansi dan seluruh pelaku pembangunan, diharapkan mampu mewujudkan sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan pembangunan daerah.

Dibuka oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Musrenbang RKPD tahun 2019 dilaksanakan di Gedung Bagas Raya Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Senin (9/4/2018) siang.

Dalam sambutannya Yasti mengatakan, tahun 2019 nanti adalah tahun kedua pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RRPJMD) tahun 2017-2022 dalam pencapaian visi dan misi kabupaten bolaang mongondow, berdasarkan peraturan daerah nomor 6 tahun 2017.

“Laksanakan skala prioritas program dan kegiatan dengan tetap mengacu pada agenda pembangunan daerah, sekaligus mencermati perkembangan ekonomi nasional, terutama yang terkait dengan upaya efisiensi,” ujar Yasti.

Baca Juga : Bupati Minta Program SKPD Harus Sesuai Visi Misi Yasti – Yanny

Yasti menambahkan, sinkronisasi program dan kegiatan melalui mekanisme perencanaan sektoral dan teritorial dengan baik, melalui integrasi hasil musrenbang kecamatan ke dalam program kerja perangkat daerah.

“Tertib administrasi perencanaan melalui optimalisasi pencapaian indikator sasaran, yang bermuara pada target akhir perencanaan jangka menengah daerah,” ujarnya.

Ia mengharapkan, melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD dapat menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan di daerah ini, untuk merumuskan berbagai program dan kegiatan, serta membangun komitmen bersama dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, serta menyentuh dan mengakomodir berbagai kepentingan masyarakat.

Baca Juga : Bupati Buka UNBK tingkat SMA di Bolmong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong selaku penyelenggara, mengambil tema, peningkatkan sarana-prasarana layanan dasar dan infrastruktur perekonomian perdesaan yang berorientasi pada potensi unggulan lokal.

“Tujuannya untuk membahas rancangan awal Renja seluruh perangkat daerah yang telah diverifikasi untuk penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2019,” kata Kepala Bappeda Yarlis Hatam.

Yarlis optimis, kegiatan ini mampu menghasilkan solusi terhadap permasalahan yang ada di Kabupaten Bolmong.

“Proses sinkronisasi program dan pendanaan melalui kegiatan ini, diharapkan akan terbangun struktur perencanaan penganggaran yang mampu merealisasikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi daerah,” ucapnya.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD dilaksanakan sehari dan turut dihadiri oleh Forkopimda Bolmong, Anggota DPRD Bolmong, para Asisten Setda, staf ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, para Camat, BUMN dan BUMD serta pihak swasta, perwakilan kantor kementerian dan lembaga, ASN lingkup Pemkab Bolmong, LSM dan Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu dan undangan lainnya.          

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net