Kamis, 19 September 2019

Kurang Peminat, 3 Desa Buka Pendaftaran Ulang Cakades

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Selasa (3/9/2019) pukul 24.00 Wita, tahapan pendaftaran calon kepala desa (Cakades) di Kabupaten Bolaang Mongondow, resmi ditutup. Namun setelah dilakukan verifikasi dan klarifikasi berkas, ternyata ada tiga desa yang hanya ada satu orang pendaftar. Sementara sebagaimana yang telah diatur, batas minimal Cakades, yakni dua orang.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa dan Pengembangan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bolmong, Isnaidin Mamonto, Senin (9/9/2019).

“Ada tiga desa yang calonnya hanya satu orang, masing-masing Desa Ikhwan, Desa Tuyat dan Desa Muntoi Timur,” ujar Isnaidin.

Baca : Segera Ditutup, Pendaftaran Balon Kades di Bolmong Peluang Dibuka Lagi

Mantan komisioner KPU Bolmong periode 2014-2019 itu menerangkan, keadaan ini mengharuskan panitia pemilihan kades harus membuka pendaftaran ulang,  

“Untuk tiga desa tersebut masih ada masa perpanjangan selama 20 hari. Perpanjangannya dimulai pada tanggal 16 September sampai 20 Oktober 2019,” katanya. Ia juga mengatakan tidak menutup kemungkinan akan perpanjangan di desa lainnya  mengingat jika ada calon yang gugur dalam pemberkasan.

Disisi lain Ia menjelaskan, Pilkades yang diikuti lebih dari lima orang akan adilakukan tes tambahan. Yakni, tes wawancara visi dan misi, komunikasi atau pidato, dan wawancara umum.

“Minimal itu dua calon, maksimal lima, jadi yang melebihi akan dibentuk tim penguji di daerah,” jelasnya.

Diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Bolmong direncanakan digelar pada 14 November 2019 mendatang.

Editor: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

5 − five =

instink.net