Jumat, 13 Desember 2019

Imbang Suara di Pilkades, Panitia Pakai Cara Ini Tentukan Pemenang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) baru saja berakhir. Sebanyak 81.159 pemilih di 105 desa yang tersebar di 15 kecamatan telah menentukan pilihannya. Calon Kepala Desa (Cakades) terpilih di masing-masing desa pun telah bersukacita menyambut kemenangan.

Namun, ada yang menarik pada hasil Pilkades di Desa Amertha Sari, Kecamatan Dumoga Timur. Pada perhitungan akhir, dua Cakades, yakni I Komang Bidiawan dan I Ketut Sumatra, masing-masing memperoleh 241 suara.

Meski berakhir imbang, Pilkades di desa ini tidak serta merta harus diulang. Mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 17 tahun 2019 tentang Pilkades, panitia menggunakan beberapa metode untuk menentukan pemenang tanpa harus mengulang Pilkades.

Camat Dumoga Timur Yootje Tumalun menjelaskan, proses penetapan hasil Pilkades tetap berjalan berdasarkan Perbup. Cakades juga diberikan kesempatan mengajukan gugatan jika berkeberatan dengan metode yang digunakan.

Metode yang digunakan dalam menentukan pemenang dijelaskan lebih detail oleh Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmong, Isnaidin Mamonto.

“Ada tiga metode yang digunakan, yakni berdasarkan suara terbanyak, kemudian ditentukan berdasarkan kemenangan jumlah dusun, dan metode ketiga yaitu dilihat dusun yang jumlah pemilihnya terbanyak dibanding dusun lain,” kata Isnaidin, Jumat (15/11/2019).

Menurutnya, dari hasil Pilkades di Desa Amertha Sari, metode ketiga-lah yang dipakai menentukan pemenang. Karena, jika menggunakan metode kedua, jumlah dusun di desa tersebut ada 3 dusun. Sementara di satu dusun keduanya meraih hasil imbang, sementara di 2 dusun lainnya sama-sama memperoleh kemenangan.

“Di desa itu ada 3 dusun, dan dusun 3 memiliki pemilih paling banyak. Karena Cakades nomor urut 1 yang unggul di Dusun 3, maka yang bersangkutan sebagai Cakades terpilih,” tegas Isnaidin.

Pilkades serentak di Bolmong berlangsung pada hari Kamis (14/11/2019). Sebanyak 363 Cakades bertarung di 105 desa yang melaksanakan Pilkades.

Berikut Perolehan Suara di Desa Amertha Sari ;

1. I Komang Bidiawan  : 241 Suara
2. I Ketut Sumatra         : 241 Suara

Jumlah Pemilih                : 585
Jumlah yang memilih     : 482 Suara
Yang tidak memilih         : 103 Suara

Editor: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

10 + ten =

instink.net