Senin, 14 Oktober 2019

[DATA] Hotel dan Restoran Penunjang Pariwisata di Bolmong

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Sektor Pariwisata di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, mulai akan dikembangkan oleh pemerintah kabupaten. Saat ini, baru ada 2 tempat wisata yang telah menghasilkan PAD bagi Pemkab, yakni kawasan wisata Pemandian Air Panas di Desa Bakan dan Pantai Pasir Putih di Desa Maelang.

Dinas Pariwisata Bolmong pada tahun 2020 mendatang, berencana mengembangkan 3 tempat sebagai tujuan wisata, baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Ketiga obyek wisata tersebut, yaitu Pantai Pasir Putih Maelang, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dan Wisata Holtikultura Passi.

Selain pengembangan obyek wisata, akan dibangun infrastruktur penunjang berupa jalan, rumah makan, kamar mandi dan toilet ditempat yang dimaksud.

“Untuk restoran yang representatif, pemerintah lebih mengutamakan pengelolaannya kepada investor,” sebut Kepala Dinas Pariwisata Bolmong, Ulfa Paputungan, pekan kemarin.

Baca : Pesona Pulau Tiga Jadi Ikon Wisata Bolmong

Dalam industri pariwisata, peranan hotel dan restoran amatlah sangat penting. Bepata tidak, jasa hotel dan ketersediaan restoran akan sangat membantu wisatawan saat melakukan kunjungan wisata.

Di Bolmong, baru ada 3 hotel dengan fasilitas 54 kamar dan 68 tempat tidur. Ketiga hotel itu masing-masing berada di Kecamatan Bolaang dengan 2 buah hotel, 24 kamar dan 31 tempat tidur. Sedangkan satunya lagi berada di ibu kota kabupaten, yakni di Kecamatan Lolak dengan fasilitas 30 kamar dan 37 tempat tidur.

Baca : Warga Bolmong Dilatih Menjadi Pemandu Wisata Profesional

Untuk restoran, dari 15 kecamatan yang ada di Bolmong, terdapat 10 kecamatan menyediakan tempat makan yang cukup representatif bagi wisatawan. Jumlah keseluruhannya ada 139 restoran.

Editor: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

seventeen − eight =

instink.net