Sabtu, 23 Februari 2019

Bupati Turut Meriahkan Perayaan Tulude di Buntalo

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Disela agenda padatnya, Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow menyempatkan diri menghadiri perayaan Adat Tulude di Desa Buntalo, Kecamatan Lolak, Kamis (7/2/2019).

Perayaan Adat Tulude diprakarsai oleh jemaat GMIBM Solagratia Buntalo. Jemaat ini sebagian besar merupakan warga yang berdarah Nusa Utara, daerah asal adat Tulude.

Ada kebanggaan tersendiri bagi warga desa atas kehadiran Yasti. Penatua Rusli Nangkoda menjelaskan, kehadiran Yasti bak kembali ke kampung halaman.

“Desa Buntalo merupakan desa yang pernah ditinggali oleh keluarga bupati, dan bupati sendiri sering berkunjung di Desa Buntalo semasa keluarga bupati berada di desa ini,” ungkap Nangkoda sembari mengucapkan terima kasih kepada Yasti.

Sementara Bupati Yasti dalam sambutannya bercerita bahwa, kala masih duduk sebagai anggota DPRD RI, ia pernah dianugerahkan gelar adat yang jika diartikan yakni penyambung lidah rakyat. Gelar adat ini diberikan kepadanya saat berkunjung ke Kepulauan Sangihe.

Perayaan Tulude oleh Yasti dianggap dapat mengangkat pariwisata Bolmong sehingga ditahun berikutnya ia mengusulkan untuk dilakasanakan lebih meriah.

“Tahun depan nanti agar dilaksanakan festival adat tulude secara meriah, dan pesertanya berasal dari desa-desa yang beretnis Nusa Utara. Festival Adat Tulude ini nantinya dapat menjadi potensi pariwisata di Kabupaten Bolaang Mongondow,” ujar Yasti.

Pada perayaan Tulude di Desa Buntalo Yasti juga memberikan bantuan uang tunai untuk jemaat GMIBM Solagratis.

“Atas nama Pemkab Bolmong kami memberikan sumbangan berupa uang senilai 20 juta rupiah untuk membantu menyelesaikan Pastori dan pagar gedung gereja,” tutup Yasti.

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net