Senin, 28 September 2020

Bolmong Bersiap Sambut WCD 2020

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – World Cleanup Day atau hari bersih-bersih sedunia adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan bumi. WCD diperingati setiap tanggal 21 September 2019.

Kurun lima tahun terakhir, Indonesia turut berpartisipasi dalam gerakan WCD dan konsisten dalam melakukan kegiatan bersih-bersih di beberapa daerah di Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara.

Tahun 2019 menjadi awal peringatan WCD di wilayah ini. Total 5.032,3 kilogram sampah yang berhasil diangkut pada tahun lalu. Saat itu, sekitar 200an orang yabg berasal dari TNI, Ormas, karyawan swasta, PNS, pelajar SD dan SMP terlibat dalam kegiatan yang dipusatkan di Desa Lolan dan Kelurahan Inobonto. Meski baru pertama kali digelar, kegiatan tersebut boleh dibilang sukses.

Menyambut WCD tahun ini, Bolmong mulai melakukan persiapan. Sebagaimana yang baru saja dilakukan sekelompok pemuda yang mengatasnamakan Himpunan Pemuda Pemudi Peduli Desa (HP3D). Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Bolmong dan aparat Desa Motabang, mereka melakukan aksi bersih-bersih sampah di pantai Bungin yang terletak di desa itu.

“Ini sebagai pra world cleanup day,” imbuh Andira F Mandagi, pentolan HP3D, Jumat (4/9/2020).

Ia melanjutkan, Sabtu (19/9/2020) sejak pukul 07.00 Wita mendatang, ratusan volunteer atau relawan akan terlibat untuk menyukseskan WCD tahun ini yang rencananya akan dilaksanakan di 7 titik wilayah Pantura Bolmong.

Sementara itu, Kepala Desa Motabang, Kecamatan Lolak, Ismail Dilapanga antusias untuk turut berpartisipasi pada kegiatan bersih-bersih nanti.

“Saya dan aparat serta masyarakat siap menyukseskan WCD di Desa kami,” tegasnya.

Disisi lain, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan LH, Pengolahan Sampah dan LB3, DLH Bolmong, Deasy Makalalag penuh suka cita terlibat dalam kegiatan yang berlangsung hari ini. Meski baru skala kecil, namun apa yang telah dilakukan pemerintah dan masyarakat cukul berpengaruh terhadap lingkungan.

“Dari kami, DLH, bersih-bersih pantai sudah sering dilakukan, hanya saja hari ini senang meilhat antusias masyarakat,” kata Deasy.

Ia yang getol menyuarakan dampak kerusakan lingkungan di Bolmong ini berjanji untuk all out turut menyukses WCD nanti.

“Kami juga merangkul berbagai perusahaan untuk berpartisipasi pada kegiatan ini,” ujarnya penuh semangat.

Penulis: Rahmat Putra

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

two × four =

instink.net