Jumat, 17 Agustus 2018

Begini Peruntukan Semen Gratis PT CNSC untuk 2 Desa di Dumoga Barat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, BOLMONG – Produksi perdana PT Conch North Sulawesi Cement yang akan dibagi gratis untuk seluruh desa di kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, peruntukannya telah disiapkan oleh pemerintah desa.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Kepala Desa Toraut Utara dan Doloduo 2 yang ada di Kecamatan Dumoga Barat, kepada jurnalis instink.net melalui telepon selular, Selasa (3/4/2018).

“Hasil musyawarah pemerintah dan masyarakat desa toraut utara, semen nantinya digunakan untuk pembuatan tribun olahraga, jalan dan bahu jalan, serta untuk dibagikan kepada warga yang kurang mampu,” kata Kades Toraut Utara, Jairudin Mokoagow.

Dihubungi terpisah, Kades Doloduo Dua, Amir Walad Bonde menjelaskan bahwa, pemerintah desa bersepakat lebih mengutamakan untuk membantu perbaikan rumah warga yang lebih membutuhkan dan sarana olahraga.

“Kita prioritaskan kepada warga kurang mampu, semisal untuk perbaikan bagian-bagian rumah mereka. Selain itu, untuk lantainisasi lapangan Volley,” kata Amir.

Meski semen yang diterima cukup banyak, keduanya berharap, partisipasi masyarakat juga dibutuhkan untuk memaksimalkan penggunaan semen tersebut.

Semen gratis yang akan dibagikan ke 200 desa yang ada di Bolmong, merupakan kesepakatan antara Pemkab Bolmong dan PT CNSC. Dimana selama satu bulan penuh, produksi semen akan dibagikan.

“Produksi semen 5000 ton per hari. Sebulan akan mencapai kurang lebih 150 ribu ton. Jadi masing-masing desa akan mendapatkan 750 ton semen gratis,” ujar Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, saat melakukan audensi dengan masyarakat Bolmong, beberapa waktu lalu.

Hal yang sama diungkapkan Direktur Utama PT CNSC Mr Zeng bahwa, perusahaan telah sepakat untuk memberikan semua hasil produksi dibulan pertama untuk masyarakat Bolmong.

“Kita akan melihat terlebih dahulu hasil produksinya, kemungkinan juni mendatang merupakan hasil produksi perdana,” kata Zeng melalui penerjemahnya, Sujono.   

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net