Rabu, 13 November 2019

Yanny Beri Sinyal Maju di Pilgub Sulut

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) akan dihelat pada tahun 2020. Hampir disetiap wilayah di Sulut, termasuk Bolaang Mongondow Raya (BMR), masyarakatnya mulai menjagokan masing-masing tokoh publik di daerah untuk maju.

Di BMR khususnya, sejumlah nama mencuat dikalangan masyarakat. Nama Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara. Keduanya kader Partai NasDem. Disebut layak bertarung di bumi nyiur melambai ini.

Di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), nama mantan bupati Bolsel yang menjadi Caleg terpilih DPR RI Herson Mayulu, juga digadang-gadang untuk maju.

Terbaru, Ketua DPC PDI-P Bolmong Yanny Ronny Tuuk, menyatakan kesediaannya untuk bertarung pada  helatan politik lima tahunan ini.

Yanny dihadapan sejumlah jurnalis menyatakan bahwa dirinya siap menjadi calon Wagub mendampingi Steven Kandow. Nama Steven Kandow (Wagub Sulut saat ini) dijagokan PDI-P Sulut untuk jadi calon gubernur nanti.

“Non kader saja mau apalagi kader,” sentil wakil bupati Bolmong itu.

Kesiapan dirinya maju kata Yanny, dengan syarat gubernur Sulut saat ini, Olly Dondokambey tak menjadi kontestan lagi. Nama ketua DPD PDI-P sulut itu disebut akan masuk dijajaran kabinet Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Wabup dua periode itu mengaku hingga saat ini ia belum ditanyai atau dipanggil oleh Olly Dondokambey terkait kesediaannya maju di Pilgub. Namun kata dia, ia bersedia jika ditugaskan partai. “Sebagai petugas partai, saya siap bila ditugaskan,” imbuhnya.

Selain perintah dan dukungan dari partai kata suami legislator Bolmong, Lesly Lanny Kaligis itu, semuanya juga tak lepas dari dukungan masyarakat. Jika diminta partai namun survei rendah, ia takkan mau. “Tapi jika dua-duanya oke, pasti saya siap maju,” ucapnya.

Menurut Yanny, perlu ada tokoh BMR yang maju di Pilgub dan menang. Hal itu penting untuk pembangunan di BMR kedepan. “Itu semua butuh komunikasi yang baik dengan daerah-daerah yang ada di BMR sehingga bisa mengutus keterwakilan calon dari BMR,” tandas ayah dua anak itu.

Editor: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

2 × 4 =

instink.net