Minggu, 16 Desember 2018

Pemkab Terima Kunker Dirjen Kementan RI di Bolmong

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, ADVETORIAL – Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian RI, Pending Dadih Permana, melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (9/2/2018) siang.

Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow beserta jajaran pemerintahan kabupaten menerima kunjungan Dirjen Kementan yang dipusatkan di Desa Totabuan, Kecamatan Lolak.

Pending Dadih Permana pada lawatan perdananya di Bolaang Mongondow berkesempatan untuk melaksanakan Panen Raya Jagung di desa tersebut dan memberikan bantuan berupa 35 unit alat mesin pertanian untuk para petani.

Pending Dadih di sambut dengan upacara adat. Foto : Humas Pemkab Bolmong.

Bupati Yasti pada sambutannya menjelaskan bahwa, kehadiran Dirjen Prasarana dan Sarana di Bolaang Mongondow selain untuk memberikan bantuan, juga dimanfaatkannya untuk melihat langsung potensi dan kondisi pertanian yang ada di wilayah ini.

Melalui kesempatan ini pula memaparkan kondisi lahan pertanian di Bolmong yang saat ini memiliki areal persawahan seluas 29.920 hektare dengan produksi sebanyak 411.343 ton dari target 417.841 ton. Sementara produksi jagung yang ditargetkan sebanyak 440.773 ton, realisasi tahun 2017 sebanyak 636.451 ton, atau melampaui dari target yang telah ditetapkan dari luas perkebunan 174.170 hektare. Pun demikian dari hasil panen tanaman kedelai yang juga melampaui target dari program upaya khusus.

Berbagai pencapaian ini tentunya tak lepas dari bantuan kementerian pusat terutama kementan, namun kata Yasti, Bolmong yang memiliki luas hampir 30 persen dari luas provinsi sulawesi utara seharusnya mendapatkan bantuan lebih besar, tapi selama ini Bolmong hanya mendapatkan ekornya saja. Bicara keadilan lanjutnya, pemberian anggaran harus lebih proposional, dengan melihat luas lahan dan jumlah petani.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengharapkan kabupaten bolaang mongondow tetap menjadi daerah sentra produksi beras di provinsi sulawesi utara. Karenanya pemerintah pusat lebih memperhatikan lagi kebutuhan masyarakat petani di kabupaten bolaang mongondow.

Bupati Yasti saat mengendarai traktor bantuan Kementan. Foto : Humas Pemkab Bolmong.

Pending Dadih Permana langsung menyambut baik apa yang telah diutarakan Bupati Yasti. Dikesempatannya dalam memberikan sambutan, Dirjen Prasarana dan Sarana ini mengutarakan untuk menambah bantuan berupa 2 unit eksavator dan 25 unit hand tractor serta alat pompa air.

Dirjen berharap bantuan yang diberikan untuk digunakan bersama oleh petani dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian petani itu sendiri.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulut, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Wakil Bupati Bolmong, Sekda Bolmong, Dandim 1303, Danyon 19/105 Tarik Bogani, Kapolsek Lolak, serta seluruh pimpinan SKPD Bolmong.

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net