Jumat, 13 Desember 2019

Pemkab Kembangkan Pelabuhan Labuan Uki

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow berencana mengembangkan pelabuhan Labuan Uki dalam menunjang Kecamatan Lolak sebagai Kawasan Industri Khusus (KIK).

Plh Kepala Dinas Perhubungan Bolmong Zulfadhli Binol mengatakan, rencana ini telah disampaikan pada saat pembahasan laporan pendahuluan ke Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Kemenhub menyarankan Pemkab untuk terlebih dahulu meningkatkan akses jalan menuju permukiman.

“Kami bersama Dinas PUPR dan Bappeda telah melakukan survei untuk akses jalan tersebut,” ujar Zulfadhli.

Rencana ini tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat. Sehingga Ia berharap demi kelancaran pengembangan, nantinya tidak akan hambatan pada pelaksanaannya.

Hal yang sama disampaikan Kasubdit Tatanan dan Perencanaan Pengembangan Pelabuhan, Kemenhub RI, Jumadi, Kamis (21/11/2019). Kata dia, salah satu syarat dalam pengembangan, yakni peningkatan sarana dan prasarana di sektor kepelabuhan.

Ditegaskan Jumardi, dasar pelaksanan pengembangan pelabuhan, yaitu Undang undang No 17 Tahun 2008 tentang pelayaran yang menyebutkan bahwa setiap pelabuhan wajib memiliki Rencana induk Pelabuhan.

Lanjut dia, rencana induk pelabuhan juga sangat penting sebagai acuan dalam pelaksanaan penanganan pelabuhan Labuan Uki.

“Sehingga kegiatan pembangunan yang ada dapat optimal dalam pengoperasian pelabuhan, serta menjamin keselamatan pelayaran,” kata Jumadi.

Editor: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

seventeen − 9 =

instink.net