Selasa, 23 Oktober 2018

Pemkab dan KPK RI Sepakati Berantas Korupsi Terintegrasi di Bolmong

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, ADVETORIAL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow bersepakat dengan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk mendukung  program pemberantasan korupsi di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bersama Ketua DPRD Bolmong, menandatangani kesepakatan tersebut sebagai bentuk komitmen dari pemerintah daerah.

Kegiatan ini berlangsung pada Rapat Koordinasi dan Supervisi Program Pemberantas Korupsi Terintegrasi antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota se Sulawesi Utara bersama KPK RI di Ruang C J Rantung Kantor Guberur Sulut di Manado, Rabu (21/2/2018).

Basaria Pandjaitan, Olly Dondokambey dan Pejabat KPK dan Kementerian RI. Foto : Humas Pemprov Sulut.

Usai melakukan penandatanganan, Bupati Yasti mengatakan bahwa, Pemkab Bolmong sangat mendukungan program ini dan berharap dapat memberikan tambahan wawasan, sekaligus memantapkan tindak lanjut implementasi program pemberantasan korupsi di Bolmong.

Dengan pola ini kata Bupati, KPK juga akan lebih mudah mengawasi penyimpangan yang terjadi di daerah. Ini berarti ketika sudah diperingatkan untuk dibenahi namun tidak dilakukan, upaya represif penindakan bisa dilakukan.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan ditempat yang sama mengatakan, pelaksanaan Rakor di Sulut akan ditindaklanjuti dengan pendampingan terhadap Pemprov dan 15 Pemerintah Kabupaten/kota sebagai bentuk komitmen bersama KPK RI.

Menurutnya, hasil pengamatan KPK, masih terdapat banyak kelemahan dalam pengelolaan APBD, Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, serta Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Sehingga KPK mengambil peran sebagai trigger mechanism dengan mendorong perbaikan pengelolaan sistem-sistem tersebut.

Bupati bersalaman dengan para Pejabat usai menandatangani kesepakatan. Foto : Humas Pemkab Bolmong.

Penandatanganan 10 komitmen pemberantasan korupsi juga dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Ketua Deprov Sulut Andrei Angouw, Kajati Sulut Mangihut Sinaga, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito serta Bupati Dan Walikota se-Sulut

Pertemuan ini dihadiri oleh Wagub Steven O.E Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Gatot Darmasto, Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Pencegahan KPK Asep Rahmat Suwandha, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum LKPP Fadli Arif, pejabat Pemprov Sulut dan Pejabat Kabupaten/Kota se-Sulut.

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net