Jumat, 24 November 2017

Pandawa Merah Putih, Pecahkan Rekor Bendera Terpanjang di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, Bali – Bentangan bendera merah putih di tebing pantai pandawa sepanjang 400 meter dan lebar 4 meter yang dilakukan oleh gabungan 72 pemanjat tebing dari Polda, Basarnas, Mapala dan BPBD Propinsi Bali, sukses memecahkan rekor dunia yang dicatat oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Mengambil tema Pandawa Merah Putih, Kepolisian Daerah Bali  melaksanakan kegiatan ini di tebing Pantai Pandawa Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/8/2017).

Menurut Awan Rahargo, Senior Manager MURI, pembentangan bendera Merah Putih baru pertama kali dilakukan di tebing, tak hanya di Indonesia, namun juga di dunia.

“Ini adalah yang terpanjang dan baru pertama kali dipasang di tebing, tak hanya di Indonesia,  MURI mencatat sebagai rekor dunia juga,” ujar Awan.

Sebelumnya MURI pernah mencatat bentangan bendera terpanjang yang mengelilingi sebuah pulau dengan panjang bentangan 17,3 Kilometer, juga bendera yang mengelilingi sebuah gedung sepanjang 300 meter.

“Pandawa Merah Putih merupakan kriteria tersendiri, karena memang belum pernah dipasang di tebing seperti ini,” katanya.

Ribuan peserta pengibaran bendera Merah Putih. (Foto : Instink.net)

Menurut Kapolda Bali, Irjen Petrus Reinhard Golose, kegiatan yang mengambil tema Pandawa Merah Putih sebagai bentuk konsistensi menjaga konsesus kebangsaan, yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi tonggak sejarah dalam menjaga  persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai kebhinekaan.

“Perbedaan adalah kekayaan bangsa. Oleh karena itu, kita wajib menjaga perbedaan itu menjadi satu kesatuan dan menjadi kekuatan, sebagaimana yang dilakukan founding father dahulu,” kata Petrus.

Selain membentangkan  bendera Merah Putih , juga dilakukan pengibaran bendera Merah Putih yang diikuti oleh rIbuan peserta yang tediri dari personel Polda Bali, pelajar dan masyarakat sekitar Kuta Selatan.

 

Penulis  :  Pey Lumintang
Editor     : Bony Hardian

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

avatar
1000
wpDiscuz

instink.net