Kamis, 20 Juni 2019

Monev TEPRA : Deteksi Kemajuan Pekerjaan Sejak Dini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Bagian Administrasi Pembangunan dan Ekonomi, Pemkab Bolmong, melaksanakan sosialisasi aplikasi tim evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran (Monev TEPRA) di aula Setda, Kamis (4/4/2019). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang.

Tahlis dalam sambutannya mengatakannya, di Bolmong, TEPRA bukanlah hal baru bagi Pemkab. Menurutnya, TEPRA telah menjadi bagian dari kinerja Pemerintah Daerah. TEPRA juga berfungsi untuk mengontrol kemajuan pekerjaan kita di lapangan di tahun yang berkenaan.

Ia menambahkan, sistem aplikasi TEPRA juga untuk mendeteksi masalah keterlambatan realisasi pekerjaan di lapangan dan bukan hanya sekedar melaporkan progres pekerjaan, tetapi memprediksi pekerjaan apa yang perlu penambahan waktu dan perlu perhatian khusus.  

“Banyak daerah yang anggarannya begitu besar tetapi tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat pendapatan masyarakat serta tingkat penurunan penduduk miskin tidak begitu signifikan, hal ini diakibatkan pada saat evaluasi, ternyata pelaksanaan di lapangan banyak menemui kendala sehingga asas manfaat tidak tercapai,” kata Tahlis.

Ia mencontohkan, banyak pekerjaan yang seharusnya selesai tahun ini tapi masih tertunda pekerjaannya dan selesai di tahun berikutnya, sehingga asas manfaatnya tertunda, maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga tertunda.

“Banyak daerah yang APBD-nya besar tetapi dampaknya terhadap tingkat kesejahteraan masyarakatnya ternyata kecil,” tukasnya.

Sebelumnya, Kasubag Sarana dan Prasarana Bagian Administrasi Pembangunan dan Perekonomian, Fadly Mokodongan dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan Sosialisasi MONEV TEPRA pada hari ini adalah Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2015 tentang Tim Evaluasi dan Pengawasan APBN dan APBD.

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman mengenai kebijakan tentang pelaporan penyerapan realisasi anggaran setiap perangkat daerah melalui aplikasi Monev TEPRA, serta meningkatkan ketrampilan dalam penggunaannya bagi para admin PA/KPA di perangkat daerah,” kata Fadly.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Inspektorat Bolmong Rio Lombone dan Kepala Badan Keuangan Daerah Fico Mokodompit. Keduanya turut memberikan materi pada kegiatan ini. Sementara yang menjadi peserta sosialisasi terdiri dari Pengguna Anggaran (PA)/ Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) serta para admin PA/KPA setiap perangkat daerah di lingkup Pemkab Bolmong.

Editor : Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net