Rabu, 24 Juli 2019

Komunikasi Partisipatif Bawaslu Bolmong dan Media Massa Hadapi Pilkada

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar sosialisasi dengan  melibatkan puluhan jurnalis dari berbagai platform media massa di Bolmong.

Ketiga komisioner Bawaslu Bolmong masing-masing, Ketua Bawaslu, Pangkerego, Ketua Divisi Hukum dan Penindakan, Pelanggaran Sengketa, Jerry Mokoolang, serta Ketua Divisi SDM dan Organisasi, Erni CH Mokoginta, hadir pada sosialisasi dengan tema “Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Media Massa”, yang dilaksanakan di Kedai Nafisa, Kecamatan Lolak, Senin (24/6/2019).

Membuka kegiatan, Jerry Mokoolang menyentil pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang baru saja berlangsung. Hal ini kata Jerry, sebagai bahan diskusi sekaligus menjadi evaluasi bagi Bawaslu untuk pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada Sulut.

“Ini menjadi penting bagi kami sebagai bahan evaluasi untuk tahapan selanjutnya, juga erat kaitannya dengan tahapan yang sudah dilaksanakan,” ucapnya.

Dari sisi ini kata Jerry, peranan media massa tentunya akan sangat dibutuhkan dalam memberi masukan, informasi maupun sosialisasi kepada masyarakat. Disamping itu, komunikasi antara Bawaslu dan jurnalis harus terjaga dengan baik.

“Dari sini kita dapat menjaga integritas Pemilu di Bolmong menjadi lebih baik. Tugas Bawaslu secara berjenjang akan maksimal,” ujarnya.  

Sementara Erni Mokoginta dalam kesempatannya menjelaskan bahwa, Bawaslu menyadari masih ada kekurangan dalam menjalankan tugasnya, terutama pada hajatan Pilpres dan Pileg 2019. Kegiatan ini kata dia, akan menjadi bahan introspeksi bersama dalam pelaksanaan pengawasan kedepan nanti.

“Tahapan pelaksanaan Pilkada Sulut akan dimulai pada tahun 2019 ini, mari kita sama-sama saling mengevaluasi,” tukas satu-satunya perempuan yang menjadi komisioner di Bawaslu saat ini.

Gian Limbanadi, jurnalis Harian Koran Manado biro Bolmong menyambut positif pelaksanaan kegiatan-kegiatan seperti ini. Ia memberi masukan, agar kiranya pihak Bawaslu perlu lebih intens dan terbuka dalam memberikan informasi.

“Kami memahami keterbatasan personil Bawaslu melakukan pengawasan di wilayah Bolmong yang terkenal luas di daerah Sulut ini, jika belum berkesempatan, informasi bisa disampaikan melalui grup whatsapp yang ada,” tukasnya.

Ketua Bawaslu, Pangkerego menjadi moderator pada kegiatan yang berlangsung interaktif itu.

Editor : Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net