Senin, 10 Desember 2018

Kemenkes Ukur Akreditasi Puskesmas di Bolmong

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

instink.net, BOLMONG – Tim survei dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang dipimpin oleh Putut Harijanto, datang ke Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) guna menilai akreditasi sejumlah Puskesmas di Bolmong.

Kedatangan tim disambut oleh Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow dalam jamuan makan malam di D’Talaga Restaurant, Kamis (6/12/2018).

Dalam pertemuan Yasti menyampaikan bahwa kehadiran tim survei memberikan angin segar bagi Puskesmas di Bolmong. Hal ini juga dapat memotivasi dan memberikan bimbingan bagi tenaga medis untuk meningkatkan pelayanan.

“Tahun 2017 ada tiga yang diakreditasi, dan salah satu Puskesmas meraih predikat terbaik yakni Puskesmas Doloduo,” kata Yasti.

Dikesempatan yang sama ia juga meminta agar para kepala Puskesmas untuk melakukan perubahan pola pikir dan jangan terpaku pada zona nyaman.

“Jangan mau jadi kepala Puskesmas kalau tidak mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tegasnya.

Kepada tim survei, dirinya mengatakan bahwa Bolmong yang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar masih terkendala dengan kurangnya tenaga dokter dan paramedis.

Ia juga berharap akan ada ketambahan dokter dan  paramedis pada penerimaan CPNS tahun ini.

Ketua tim survei akreditasi, Putut Harijanto mengatakan akan memenuhi harapan Bupati.

“Insya Allah akan kami penuhi, karena itu  menjadi salah satu tugas tim yakni, memberikan bimbingan kepada kepala Puskesmas dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan,” kata Putut.

Putut menambahkan, tim juga tak hanya menilai kekurangan namun juga memberikan solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Ia memberikan contoh hal sepele yang bisa mempengaruhi penilaian semisal keabsahan administrasi.

“Banyak SK yang tidak ditandatangani, tidak diberi tanggal, atau tidak dibubuhi stempel. Kelihatan sepele tapi jika dilihat legalitasnya ini menjadi kekurangan,” ujarnya.

Diakhir penyampaiannya, ia berterima kasih atas penyambutan dan fasilitas yang disediakan pemerintah Bolmong.

Diketahui, 3 Puskesmas yang akan dinilai yakni, Puskesmas Imandi, Puskesmas Poigar dan Puskesmas Komangaan.

Turut hadir pada kesempatan ini, anggota tim survei, Pejabat Dinkes Bolmong dan kepala-kepala Puskesmas.

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net