Senin, 20 Januari 2020

Kaleidoskop: Setahun Prestasi Yasti-Yanny

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Kabupaten Bolaang Mongondow, merupakan induk dari 4 daerah otonomi baru di Provinsi Sulawesi Utara, yakni Kota Kotamobagu, Bolmong Utara, Bolmong Timur dan Bolmong Selatan.

Sejak pemekaran tahun 2007 lalu, banyak persoalan yang tertinggal di wilayah yang memiliki luas 5.397,69 km2 ini. Namun ini berubah sejak kepemimpinan beralihtangan kepada Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh.

Pasca pelantikan 22 Mei 2017 lalu, tugas pertama yang dilakukan keduanya adalah membenahi kinerja aparatur sipil. Disiplin kerja ditingkatkan. ASN dituntut harus benar-benar profesional dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsi.

Namun sekali lagi, janji-janji politik baru bisa terealisasi di tahun 2018. Visi-misi yang diucapkan pada saat kampanye diikat dengan hukum tetap melalui peraturan bupati.

Perlahan tapi pasti, kerja keras sepanjang tahun 2018 mulai membuahkan hasil. Ini bisa dilihat dari prestasi demi prestasi yang ditorehkan. Dan hasil penilaian dari berbagai pihak itu diterima antara tahun 2018 dan tahun 2019.

Khusus di tahun 2019, berbagai prestasi cukup membanggakan berhasil diraih Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow. Tapi bagi kedua pemimpin, penghargaan-penghargaan yang diterima bagai “cambuk” untuk membawa daerah kearah yang lebih hebat.

Presiden menyematkan lencana Dharma Bhakti.

Juli

Dua penghargaan sekaligus diterima Bupati, yakni Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) dan Lencana Manggala Karya Kencana.

Frontier Consulting Group bersama Tempo Media Group melakukan riset dengan melibatkan investor dan publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor investasi, infrastruktur, layanan publik dan pariwisata terhadap 56 kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia. Berdasarkan penilaian juri, Kabupaten Bolmong berhak meraih pemenang platinum kategori kabupaten kecil investasi. Bupati menerima langsung penganugerahan IAA.

Lencana Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan yang diberikan BKKBN atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.   

Agustus

Berhasil mengintegrasikan sistem e-Planning dengan pemerintah pusat, Kabupaten Bolmong diberikan penghargaan. Langkah yang diambil merupakan kepatuhan terhadap Undang-undang nomor 23 tahun 2014. Sistem yang dipakai juga bagian dari upaya untuk mencegah korupsi serta dukungan Pemkab terkait strategi nasional pencegahan korupsi.

Presiden Joko Widodo menyematkan Lencana Darma Bakti kepada Bupati pada peringatan hari Pramuka ke-58, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019) lalu. Lencana ini merupakan  tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dana dan fasilitas yang cukup besar, serta sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka.

September

BKN Award merupakan penghargaan yang diberikan atas implementasi manajemen ASN terbaik kepada 30 instansi pemerintah yang terdiri atas Kementerian, Lembaga dan Daerah (K/L/D).

Prestasi ini berhasil diperoleh karena Pemkab Bolmong mampu memanfaatkan SPAK dan CAT, Bolmong di ganjar BKN Award 2019 untuk tingkat Kabupaten/Kota tipe B terbaik se-Indonesia.

Sebagai terbaik ketiga dalam pengelolaan dana desa.

Oktober

Dari 15 Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, hanya Bolmong yang diberikan penghargaan atas kesuksesan Pemerintah Kabupaten dalam memanajerial sistem pemerintah berbasis digital. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

November

Tiga prestasi sekaligus mampu diraih Pemkab. Mulai dari Penghargaan Swasti Saba Padapa atau Kabupaten Sehat, terbaik pertama rencana aksi Kopsurgah dan terbaik ketiga pengelolaan dana desa.

Dianugerahi penghargaan Kabupaten Sehat karena Bolmong dinilai fokus pada upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir, melalui Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Forum Desa Sehat, serta dukungan sektor terkait.

Komisi Pemberantasan Korupsi menilai Rencana Aksi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi dari 15 Kab/kota di Sulut, Bolmong masih yang terbaik. Menurut KPK, pengelolaan keuangan daerah Bolmong taat asas dan taat aturan.

Pemerintah Provinsi Sulut memberikan penghargaan berkat pengelolaan yang baik dilakukan Pemkab atas pembenahan, pendampingan dan pengawasan terhadap tahapan sampai dengan pertanggungjawaban anggaran Dana Desa.

Satu lagi yang cukup menonjol dilakukan Yasti. Ia dengan berani menggugat Permendagri nomor 40 tahun 2016 tentang tapal batas Bolmong dan Kabupaten Bolmong Selatan. Permendagri ini tidak hanya menyebabkan berkurangnya luas wilayah, tapi Bolmong juga kehilangan salah satu sumber PAD dari perusahaan tambang PT JRBM. Hak uji materi terhadap Permendagri yang diajukan ke Mahkamah Agung berhasil dimenangkan.

Yasti-Yanny masih setahun lebih akan memimpin daerah yang dikenal sebagai lumbung beras di Sulut ini. Dengan melirik prestasi-presatasi yang berhasil diraih, bukan tidak mungkin kedepannya akan banyak raihan prestasi lainnya.

Menjadikan Bolmong Cerdas, Hebat dan Maju, satu persatu mulai menampakkan hasil berkat kepemimpinan keduanya.

Advetorial

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

15 + 10 =

instink.net