Kamis, 20 Juni 2019

Kaleidoskop 2018 : Asa Menuju Bolmong Cerdas, Hebat, dan Maju

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

ADVETORIAL – Sejak dilantik pada tanggal 22 Mei 2017, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh, menginginkan janji-janji saat kampanye segera terealisasi. Program-program pemerintahan disusun sebagai pengejawantahan visi dan misi yang diusung kala pemilihan kepala daerah lalu.

Pembenahan dilakukan demi upaya mencapai kesuksesan pemerintahan keduanya dalam 5 tahun kedepan. Mulai dari perombakan kabinet pemerintahan hingga kebijakan yang dikeluarkan, perlahan mulai nampak membuahkan hasil. Ini terlihat dari berbagai penghargaan yang diraih, serta pembangunan yang berkelanjutan dari berbagai mega proyek yang masuk.

Yasti dan Yanny menyadari, mengatasi permasalahan yang ada di Bolmong tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Namun, motivasi menjadikan Bolmong sebagai kabupaten yang hebat, tak menyurutkan langkah keduanya memimpin daerah paling luas di wilayah Bolaang Mongondow Raya.

Berikut berbagai penghargaan yang diraih, kebijakan yang terbilang sukses, serta realisasi janji kampanye Yasti dan Yanny.

22 Mei 2017

Yasti – Yanny resmi memimpin Kabupaten Bolaang Mongondow setelah keduanya dilantik oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolmong periode 2017 – 2022. 

5 Januari 2018

Bupati Yasti melantik pejabat eselon 2, 3 dan 4 lingkup Pemerintahan Kabupaten Bolmong. Rolling jabatan dilakukan sebagai penyemangat baru guna menata aktifitas pemerintahan menuju kearah yang lebih baik.

14 Februari 2018

Bolmong dikenal sebagai daerah lumbung beras di Provinsi Sulawesi Utara. Track Record ini tetap dipertahankan, bahkan terus ditingkatkan. Demi menjaga kedaulatan pangan, Bupati menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk kegiatan peningkatan dan pengelolaan sistem irigasi. 

7 Maret 2018

Janji kampanye mulai dipenuhi. Di Kecamatan Passi Barat dan Passi Timur, Yasti- Yanny pernah berjanji akan menyediakan air bersih bagi warga di dua kecamatan tersebut. Janji ini direalisasikan dengan diresmikannya instalasi pengolahan air (IPA) yang berada di Passi Timur oleh Bupati. IPA ini mampu mengaliri kurang lebih 2000 sambungan air bersih. 

Bangunan IPA yang diresmikan oleh Bupati. IPA berada di Desa Pangian, Kecamatan Passi Timur.

23 Maret 2018

Bupati memindahkan rekening kas umum daerah (RKUD) senilai Rp1,2 triliun dari Bank Sulutgo ke Bank Negara Indonesia (BNI). Kebijakan ini diambil bukan tanpa sebab. Keinginan Bupati agar putra-putri Bolmong menduduki jabatan strategis di Bank Sulutgo tak diindahkan oleh pihak Bank. 

9 April 2018

Pemerintah melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tahun 2019 tingkat Kabupaten Bolmong. Saat berpidato pada pembukaan Musrenbang, Bupati mengingatkan kepada SKPD agar menyusun program harus sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yang telah ditetapkan dalam perda nomor 6 tahun 2017.

“Perencanaan harus berdasarkan kebutuhan, jangan berdasarkan keinginan. Saya sebagai bupati memiliki banyak keinginan, tetapi belum tentu keinginan saya itu adalah kebutuhan masyarakat,” kata Bupati kala itu.

Bolmong pada perencanaan dan pelaksanaan program pemerintahan telah melalui sistem e-Budgeting. Penggunaan aplikasi ini merupakan yang pertama di Provinsi Sulawesi Utara.

7 Mei 2018

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bolmong meraih tiga penghargaan sekaligus. Bupati Bolmong diberi penghargaan sebagai Pembina Terbaik Top BUMD. Sedangkan dua penghargaan lain yang diterima PDAM yakni sebagai Top CEO BUMD 2018 dan Top BUMD 2018 khusus di bidang Turn Around Manajemen.

Bupati saat menerima penghargaan sebagai Pembina Terbaik Top BUMD 2018 di Jakarta.

8 Juni 2018

Bupati melantik Tahlis Gallang menjadi Sekretaris Daerah Bolmong yang baru. Tahlis menggantikan Pjs Sekda sebelumnya, Ashari Sugeha.

23 Juni 2018

Bolmong memiliki beragam tradisi peninggalan jaman dahulu. Tak hanya kesenian dan kebudayaan, kuliner juga menjadi tradisi yang ditinggalkan para leluhur kepada suku Mongondow, suku terbanyak di Bolaang Mongondow.

Mongulipot, merupakan cara warga desa menjaga tradisi leluhur suku Mongondow yakni, memasak beras yang dibungkus dengan daun kulipot. Makna yang terkandung dalam Mongulipot adalah sebagai sarana untuk mempererat silahturahim, persaudaraan dan kebersamaan antar warga masyarakat, sekaligus lebih memperkuat komitmen dan tekad kita, guna lebih meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT

8 Agustus 2018

Bupati melakukan peletakan batu pertama pembangunan terminal tipe A di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak. Terminal ini digadang menjadi yang termegah di Provinsi Sulawesi Utara.

Dikesempatan yang sama, Bupati juga menetapkan nama Bandar Udara yang sementara dibangun di Kecamatan Lolak menjadi Bandar Udara ‘Loloda Mokoagow’.

18 Agustus 2018

Bupati kembali memenuhi janji kampanye bersama Wakil Bupati untuk pembangunan infrastruktur di Dumoga Utara. Alokasi APBD-P Bolmong tahun 2018, hampir Rp30 miliar dianggarkan untuk pembangunan jalan di Desa Mopuya.

4 September 2018

Pemerintah Bolmong bersinergi dengan aparat penegak hukum (APH) untuk penyeleggaraan pemerintahan yang baik. Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Bolmong dan Aparat Penegak Hukum (APH), melakukan perjanjian kerja sama dengan tujuan sebagai upaya penanganan laporan atau pengaduan masyarakat yang berindikasi tindak pidana korupsi pada penyelenggaraan pemerintah daerah.

15 Oktober 2018

Pendidikan mendapat perhatian khusus dari Pemerintahan Yasti dan Yanny. Salah satu bentuk keseriusan pemerintah menangani dunia pendidikan di Bolmong, dengan memberikan seragam dan perlengkapan sekolah gratis kepada 8230 siswa-siswi yang berasal dari 222 SD dan 64 SMP.

Bupati memberikan bantuan seragam sekolah gratis kepada siswa perwakilan penerima bantuan.

29 Oktober 2018

Bupati menyerahkan klaim asuransi senilai Rp160 juta atas nama almarhum Kirenius Bawelle, nelayan asal Desa Bolangat, Kecamatan Sangtombolang, yang diberikan kepada ahli waris Marta Lumika, yang merupakan isteri almarhum.

Klaim asuransi PT Jasiindo yang diserahkan Bupati kepada ahli waris pada peringatan Hari Sumpah Pemuda, 29 Oktober 2018.

Upaya membentuk generasi muda yang kuat dalam menyongsong era digital dan masa depan yang lebih baik, Pemerintah Kabupaten meluncurkan jargon baru, Bolmong Cerdas, Hebat dan Maju, kemudian disingkat CHM.

Jargon dibuat bukan tanpa alasan, CHM merupakan satu bentuk ajakan bagi generasi muda untuk lebih bersemangat dalam membangun bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, Ini juga sebagai benteng bagi pemuda menghadapi pesatnya perkembangan teknologi.

Jargon baru yang diluncurkan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda, 29 Oktober 2018.

16 November 2018

Bulan Maret 2018, Bupati pernah menandatangani memorandum of understanding (MoU) terkait pengembangan dan pengelolaan program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) bersama beberapa perusahaan dan pihak perbankan.

Kesiapan pemerintah dalam melaksanakan program Kementerian Desa PDTT itu, oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, rencana pembangunan kawasan perdesaan (RPKP) Bolmong dijadikan sebagai Pilot Project di Sulut, karena Bolmong dianggap sangat serius menjalankan program Prukades.

11 Desember 2018 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten atas keberhasilannya dalam membina dan mengembagkan HAM di Bolmong. Bolmong diberi penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM.

Menkum HAM Yassona memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Yasti.

Video Yasti saat mengembalikan barang gratifikasi kepada KPK RI

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net