Rabu, 24 Juli 2019

Bupati Yasti Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Yasti berhasil meraih penghargaan atas prestasinya yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, bersama Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, dan Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, pada acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-26 di gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7/2019).

Menurut Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Bolmong, Ketut Kolak, keseriusan pemerintah Bolmong dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi remaja, dan meningkatkan kualitas ketahanan keluarga, sehingga oleh pemerintah pusat dinilai berhasil.

“Pembangunan keluarga di mulai dari program bina keluarga Balita, bina keluarga remaja, bina keluarga Lansia, dan pembangunan ekonomi keluarga melalui program UPPKS yang dilaksanakan secara terpadu melalui Posyandu di desa,” beber Kolak, Senin (8/7/2019).

Selain itu kata dia, dicanangkannya 29 desa menjadi kampung KB juga wujud nyata keseriusan Pemkab melalui program terpadu dengan lintas sektoral untuk menyasar keluarga miskin.

“Ini bukti kesuksesan kita membangun keluarga yang berencana dalam bidang kependudukan,” tegasnya.

Menko Puan pada sambutannya saat itu mengatakan, Harganas yang diperingati setiap tanggal 29 Juni adalah momentum untuk memberikan memotivasi masyarakat agar lebih menyadari dan memahami pentingnya keluarga sebagai pondasi membangun kehidupan yang sejahtera.

“Peringatan Harganas dengan tagline cinta keluarga, cinta terencana. Mengajak kita semua bahwa mencintai keluarga berarti kita merencanakan keluarga yang bahagia, sejahtera, dan berbudaya,” ujar Puan dilansir laman Kemenko PMK.

Dikatakannya, keluarga menjadi tempat pertama yang berfungsi untuk melindungi, membimbing, dan memberdayakan anggota keluarga baik secara sosial, ekonomi, dan budaya. Keluarga berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, norma dalam bermasyarakat, dan juga dalam memperteguh Pancasila pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk dapat membangun keluarga dan kependudukan Indonesia, dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak baik anggota keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Mari bergotong royong mengambil peran dan tanggung jawab, untuk mewujudkan keluarga Indonesia, keluarga yang tenteram, sejahtera, dan berbudaya,” tandas Puan.

Diketahui, selain Yasti, Puan Maharani juga menyematkan penghargaan tanda penghormatan Satya Lencana Pembangunan, Satya Lencana Wira Karya, dan Manggala Karya Kencana kepada 41 kepala daerah.

Editor : Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net