Minggu, 16 Desember 2018

Bupati Bolmong Tandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah Melalui IPDMIP

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, KOTAMOBAGU – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, melaksanakan koordinasi kebijakan dan penandatanganan perjanjian hibah untuk kegiatan Integrated Participatory Development And Management Of Irigation Program (Program Pengelolaan dan Pengembangan Irigasi Partisipatif Terpadu).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Daerah dari 16 provinsi dan 74 kabupaten/kota ini diselenggerakan di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (14/2/2018). Di Sulawesi Utara, selain pemerintah provinsi, hanya Pemkab Bolaang Mongondow dan Pemkab Minahasa Selatan yang menerima dana hibah tersebut.

Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Dra Yasti Soepredjo Mokoagow, menghadiri langsung kegiatan tersebut dengan didampingi oleh Kepala Bappeda Yarlis Hatam dan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Fico Mokodompit.

Bupati Yasti bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan kepala daerah lain. Foto : Humas Pemkab Bolmong.

Menurut Bupati Yasti, dana hibah yang diterima Pemkab Bolmong didasari atas capaian kinerja (Output-Based) pada pelaksanaan penguatan kerangka kelembagaan pertanian beririgasi berkelanjutan, perbaikan sistem dan kapasitas pengelolaan, operasi dan pemeliharaan irigasi, peningkatan infrastruktur jaringan irigasi dan peningkatan pendapatan lahan pertanian beririgasi.

Lebih lanjut Bupati menerangkan bahwa, pemerintah pusat telah menyetujui penerusan hibah dengan jumlah setinggi-tingginya Rp41,02 miliar sebagaimana surat Menteri Keuangan RI dengan Nomor S-591/MK.7/2017 tertanggal 6 Desember 2017 dan penyalurannya dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam perjanjian serta pedoman pelaksanaan program hibah.

Bupati juga menjelaskan, dana hibah merupakan dana pengganti atas pelaksanaan kegiatan program pengelolaan dan pengembangan irigasi partisipatif terpadu yang terlebih dahulu didanai oleh APBD Bolmong.

Bupati saat menandatangani NPHD. Foto : Humas Pemkab Bolmong.

IPDMIP merupakan program integrasi pengembangan dan pengelolaan irigasi partisipatif hasil kerjasama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tahun 2017 hingga 2021 dan melibatkan BBWS/BWS dan pemerintah daerah melalui badan dan dinas terkait.

Kegiatan ini  dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti, Direktur Pengembangan Jaringan SDA (PJSDA) Tri Widi Sasongko, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, ADB, IFAD.

Sumber : Humas Pemkab Bolmong
Editor : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
1000
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Bupati Yasti Serahkan Sertifikat, Lelang Terminal Dulangon Segera Dibuka – instink.net Recent comment authors
terbaru terlama terpopuler
trackback

[…] menit lalu 0 Kemendikbud Selidiki Kasus Penganiayaan Kepsek SMPN 4 Lolak 10 jam lalu 0 Bupati Bolmong Tandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah Melalui IPDMIP 14 Februari 2018 – […]

instink.net