Jumat, 13 Desember 2019

Bolmong Raih Penghargaan Kabupaten Sehat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) berupa penghargaan Swasti Saba kategori pemantapan atau Padapa. Penganugerahan penghargaan dilaksanakan di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta , Selasa (19/11/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Bolmong, dr Sahara Albugis menjelaskan, Bolmong mampu meraih penghargaan karena dinilai fokus pada upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir, melalui Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Forum Desa Sehat, serta dukungan sektor terkait.

“Indokator lainnya, yakni ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan, dan kesehatan pemukiman penduduk,” jelasnya.

Diungkapkan Sahara, masalah kesehatan penyebabnya sangat multi kompleks, dan mempunyai skor yang tinggi jika diselesaikan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat. Ia juga mengatakan, predikat sebagai Kabupaten Sehat bukan berarti masalah kesehatan di Bolmong tidak ada lagi.  

“Kasus orang sakit, masalah gizi buruk, keracunan, dan lain-lain bukan berarti tidak lagi terjadi. Namun bagaimana penanganan yang memadai dan adanya konsep yang terpadu serta terorganisir antara Pemerintah dan masyarakat serta didukung legal aspeknya melalui regulasi di tingkat lokal,” ujar mantan Direktur RSUD Datoe Binangkang ini.

Editor: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

9 − five =

instink.net