Jumat, 24 November 2017

Atraksi Kocak Suku Jawa di Boltim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Ada-ada saja kreativitas masyarakat Indonesia menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI. Mulai dari lomba tarik tambang, lomba balap karung hingga lomba makan kerupuk yang selama ini lazim dilombakan.

Namun ada yang berbeda dan tergolong unik sekaligus juga mengundang gelak tawa, lomba balap karung di Desa Purworejo, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Ahad

(13/8/2017). Beda dan uniknya, peserta lomba balap karung harus dengan gaya jongkok lalu dibungkus dengan karung dan mengenakan helm berstandar SNI. Pesertanya mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Lantas apa jadinya?

Bayangkan saja, mirip ‘mahluk’ aneh nan kerdil dengan berkepala helm lalu berlari kecil dan sesekali terjungkal, dan itu nyata hidup. Tingkah laik bocah kerdil ‘berbungkus karung berkepala helm’ ini membuat gelak tawa penonton.

Suasana lomba menjadi riuh ketika salah satu diantaranya terjungkal dan kepala berhelm itu terbentur di tanah. Tiga peserta ‘cebol’ ini harus berlari secepat mungkin sampai digaris fisis yang ditentukan panitia.

Para pengunjung yang datang dari desa hingga daerah tetangga juga dimanjakan dalam acara menyambut hari Kemerdekaan ke-72 RI yang sekaligus dirangkaikan dengan selametan oleh warga bersuku Jawa ini.

Warga berhajat bersukarela menyediakan aneka makanan dan minuman bagi setiap pengunjung secara cuma-cuma. Setiap rumah tangga memasak makanan khas Jawa untuk dinikmati bersama. Tradisi yang dilakukan secara turun menurun ini disebut Sedekah Bumi. Mereka meyakini dengan memberikan berkat dari bumi, seperti hasil perkebunan, akan memberikan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Jurnalis : Mathox Kadullah
Editor    : Bony Hardian

 Video Aksi Kocak Balap Karung Menggunakan Helm :

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

1 Komentar di "Atraksi Kocak Suku Jawa di Boltim"

avatar
1000
Urut berdasarkan:   terbaru | terlama | terpopuler
Bony
Member

Lucu dan kocak abis

wpDiscuz

instink.net