Senin, 25 Maret 2019

22 Orang di Bolmong Positif Terserang Penyakit DBD

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Awal tahun 2019 khususnya di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut), sampai dengan tanggal 13 Januari 2019 terdapat 22 pasien yang telah dinyatakan positif terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 22 pasien tersebut berasal dari 7 kecamatan yang ada di Bolmong.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Bolmong, Wiyono, saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (14/1/2019). Ia mengatakan, keseluruhan pasien tersebar di Rumah Sakit dan Puskesmas-Puskesmas yang ada di kecamatan sebagaimana yang disebutkan.

Ketika ditanyakan langkah Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi agar penyakit DBD tidak lebih meluas lagi, Wiyono berharap pasien sesegera mungkin mendapat penanganan.

“Secepat mungkin yang sakit disembuhkan melalui langkah penanganan yang ada, kemudian kita segera mengklarifikasi yang sakit itu dapat dari mana, penularannya dimana, melalui penyelidikan epidemiologi,” kata Wiyono.

Ia menerangkan, langkah ini dilakukan untuk mengetahui proses penularan dan kondisi lingkungan setempat.

“Selanjutnya kita laksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan yang saat ini dikenal dengan 3 M plus,” jelasnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan belum merasa perlu untuk melakukan pengasapan atau fogging dikarenakan perlu adanya kesadaran untuk membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat.

“Saya berharap ada pengendalian lingkungan untuk mematikan jentik-jentik nyamuk. Jika ada peningkatan kasus yang signifikan setelah dibersihkan, baru dilakukan fogging,” katanya.

Dari data yang ada, kasus DBD di Bolmong belum terdapat pasien yang meninggal akibat penyakit yang berasal dari nyamuk dari jenis aedes aegypti.

Berikut jumlah pasien yang terserang penyakit DBD di Bolmong

  1. Kecamatan Passi Timur (4 Orang)
  2. Kecamatan Bilalang (1 Orang)
  3. Kecamatan Lolayan (4 Orang)
  4. Wilayah Dumoga Raya (7 Orang)
  5.  Kecamatan Bolaang (1 Orang)
  6. Kecamatan Lolak (4 Orang)
  7. Kecamatan Sangtombolang (1 Orang)        

Penulis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net