Rabu, 28 Oktober 2020

Yasti-Yanny Salurkan Bansos di Dumoga Bersatu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Rabu (30/09/2020) Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, kembali menyerahkan Bantuan Sosial Tahap IV untuk masyarakat terdampak COVID-19 di wilayah Dumoga Bersatu.

Penyaluran pertama di wilayah ini berlangsung di Kecamatan Dumoga Utara yang di pusatkan di Desa Mopugad Selatan. Kemudian lanjut ke Kecamatan Dumoga Tenggara di Desa Bonawang, serta di Kecamatan Dumoga Barat, Desa Toraut Utara, lalu menuju ke Kecamatan Dumoga Tengah, Desa Werdhi Agung.

Usai dari Kecamatan Dumoga Tengah, Yasti dan Yanny melanjutkan kunjungannya di Kecamatan Dumoga Timur yang dipusatkan di Desa Kembang Merta. Setelah itu, kemudian terakhir Bupati dan Wakil Bupati menyalurkan bantuan ke Kecamatan Dumoga, yang bertempat di Desa Siniyung.

Dalam penyaluran Bansos tahap IV di wilayah Dumoga Bersatu, Bupati sering mengingatkan serta mengkampanyekan program 3 M, yakni Mengunakan masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.

Menurut orang nomor satu di Bolmong ini, untuk melawan serta mencegah penularan virus Covid-19, masyarakat harus menjalankan program 3 M. Karena sekarang orang yang terinfeksi virus corona ini tidak menunjukkan gejala apupun.

“Kelihatan sehat tapi ternyata di badannya ada virus. Ingat penularan virus ini melalui percikan ludah atau yang sering disebut droplet. Oleh sebab itu, apapun aktivitas yang dilakukan perlu untuk menerapkan 3 M, supaya menang melawan Covid-19,” pungkas Yasti.

Bupati menyampaikan, bahwa berbagai bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian serta perhatian dari pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, setiap penyaluran dirinya selalu turun langsung untuk memastikan bantuan tersebut sampai kepada warga yang berhak menerima.

Ia mengatakan, bahwa Bansos tahap berikutnya akan disalurkan pada akhir bulan Oktober dan dua tahap lagi di bulan Desember. “Bantuan tahap V, VI dan VII akan dirapel, jadi langsung 3 bulan sekaligus yang akan diterima di akhir Oktober hingga awal November. Kemudian, Bansos tahap VIII dan IX akan disalurkan di awal bulan Desember,” ungkapnya.

Yasti menambahkan, sejak awal pandemi Pemkab Bolmong telah mengalokasikan anggaran bantuan kepada warga yang terdampak selama 9 bulan. “Bolmong satu-satunya daerah yang dari awal sudah menganggarkan bantuan kepada warga yang terdampak Covid-19 selama 9 bulan,” terang Yasti.

Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bolmong, untuk bantuan tahap IV ini jumlah penerima bertambah. Dari 8.370 Kepala Keluarga (KK) di tahap I, II dan III saat ini bertambah menjadi 19.373 KK. “Jumlah penerima bertambah, baik melalui APBD maupun APBN dan juga yang di top up oleh Pemkab. Kemudian yang dibiayai oleh APBD yakni, 9.170 KK. Namun ada juga yang di top up, seperti penerima BST dan penerima bantuan dari Kementerian Kelautan sehingga total yang menerima yaitu 19.373 KK,” jelas Kepala DKP Bolmong, I Nyoman Sukra.

Usai menyerahkan bantuan, Yasti mengajak warga untuk melakukan yel-yel dengan slogan Orang Desa Sehat Kuat lawan Covid 19. Dalam penyaluran Bansos tahap IV di setiap Kecamatan yang ada di wilayah Dumoga raya, Bupati dan Wakil Bupati didampingi oleh Asisten II Zainudin Paputungan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) I Nyoman Sukra, Kepala Dinas Sosial, Abdul Haris Bambela, Camat, Forkopimcam, dan Kepala Desa, serta warga penerima bantuan.

Advertorial

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

five × 3 =

instink.net