Jumat, 24 November 2017

Putri Suku Kajang Pembawa Baki Bendera Merah-Putih

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, Bulukumba – Putri gadis asli keturunan suku Kajang, tampil menawan di barisan angkatan 8, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kamis (17/8/2017). Untuk kali pertama dalam hidupnya, Putri membawa baki bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT ke-72 RI di daerah industri penghasil perahu Pinisi ini.

Gugup sempat hinggap dibenak gadis berdarah campuran Manado ini. Dorongan yang kuat dari teman-teman, tidak terkecuali keluarganya, menepis jauh rasa  yang membuatnya bakal tak tampil sempurna.

Cuaca pagi di ibukota Bulukumba cukup cerah. Ribuan pasang mata menyaksikan dengan khidmat prosesi detik-detik Proklamasi hingga pengibaran sang saka Merah-Putih. Derap langkah Paskibra yang dipandu oleh pimpinan regu, mengiringi pasukan seragam putih berbaris 17-8-45 ini.

Dengan membawa baki dikedua lengannya, dara bernama lengkap Nursartika Putri Manoppo, mulus melaksanakan tugas mulia. Bendera Merah Putih berkibar megah diangkasa biru Bulukumba.

Putri tercatat dibangku kelas XI SMAN 5 Kajang, Bulukumba. Tidak hanya dikenal ramah dan murah senyum oleh teman sepergaulannya, gadis ke empat dari lima bersaudara buah perkawinan (Alm) Nurman bin Kona dan Andi Susanti Yahya Manoppo, ini memiliki prestasi yang cermerlang di sekolahnya.

“Awalnya saya gugup juga melihat Putri ditengah barisan itu. Alhamdulillah, upacara bendera berjalan lancar dan sukses,” ucap ibu Putri, Susansti haru bercampur bahagia.

Bagi Putri, demikian sapaan kesehariannya, usaha dan kerja keras yang sungguh-sungguh adalah salah satu kunci dirinya berhasil melewati tugas-tugasnya. Pelatihan berminggu-minggu dilakoni dengan penuh tanggung jawab. “Perjuangan ini belum berakhir. Ini permulaan bagi saya untuk jauh lebih baik lagi kedepan,” kata gadis putih berparas cantik ini.

Perlu diketahui, suku Kajang yang dikenal selama ini dibagi menjadi dua etnis yakni suku Kajang Dalam dan suku Kajang Luar. Kehidupan suku Kajang Dalam jauh dari peradaban luar yang modern. Mereka hidup sangat sederhana dengan mempertahankan tadisi yang turun temurun. Sebaliknya, suku Kajang Luar sudah beradaptasi dengan kemajuan dan teknologi yang kini dinikmati banyak orang.

Jurnalis : Mathox Kadullah
Editor    : Bonny Hardian

Video Putri Membawa Baki Bendera :

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

avatar
1000
wpDiscuz

instink.net