Selasa, 19 Juni 2018

Pemda Bolsel Kucurkan Dana Royalti Untuk Pembangunan di Pinolosian Timur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, BOLSEL – Uang royalti yang diperoleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) atas bagi hasil tambang emas PT J Resources Bolaang Mongondow, seutuhnya digelontorkan untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Pinolosian Timur. Menurut Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP, royalti atas hasil kekayaan alam di Pinolosian Timur harus dinikmati oleh masyarakat yang bermukim di sekitar areal tambang.

“Dana royalti JRBM itu sumbernya dari hasil kekayaan bawah tanah tambang emas di wilayah Pinolosian Timur. Maka selayaknya dana tersebut harus dikembalikan lagi buat kemakmuran rakyat khusus yang ada di lingkar tambang itu,” kata Herson Mayulu melalui Kepala Bagian Humas Ahmadi Modeong SPd, kepada wartawan, kemarin.

Hasil kekayaan tambang emas yang diambil dari isi kandungan yang ada di bawah tanah penduduk Pinolosian Timur tersebut, lanjut Ahmadi, menurut Herson Mayulu harus diperuntukkan kepada masyarakat yang ada di lingkar tambang agar tujuan pemanfaatan kekayaan alam untuk kesejahteraan rakyat sebagaimana tertuang dalam UU’45 bisa terwujud. Dana royalti itu akan digantikan dengan pembangunan di Pinolosian Timur.

“Agar masyarakat lingkar tambang tahu dan ikut merasakan pembagian royalti tambang emas yang diambil di tanah mereka. Karena masyarakat yang bermukin di kawasan lingkar tambang punya hak juga untuk menikmati hasilnya. Tahun ini dana royalti tersebut direalisasikan,” ucap Ahmadi sebagaimana dikatakan Bupati Herson Mayulu usai pertemuan antara Pemda Bolmong dengan Pemda Bolsel yang difasilitasi oleh pemerintah pusat, terkait penentuan pembagian royalti PT JRBM, belum lama ini.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas PU Bolmong Selatan Tedi Manika ST mengungkapkan, pekerjaan fisik yang sumber anggarannya dari royalti saat ini sedang berjalan. Ada pun pekerjaan tersebut yakni peningkatan jalan hotmix di beberapa desa di Kecamatan Pinolosian Timur.

“Dana royalti yang diterima Bolsel yakni berjumlah Rp 18 miliar. Dana itu dialokasikan untuk peningkatan jalan hotmix di enam desa Kecamatan Pinolosian Timur,” ujar Tedi, kemarin.

Pekerjaan jalan hotmix sumber dana royalti tahun 2018 antara lain :

  1. Peningkatan ruas jalan (hotmix) Desa Pidung senilai Rp 3 miliar
  2. Peningkatan ruas jalan (hotmix) Posilagon-Perjuangan senilai Rp 4 miliar
  3. Peningkatan ruas jalan (hotmix) Onggunoi senilai Rp 3miliar
  4. Peningkatan ruas jalan (hotmix) Dumagin B senilai Rp 2 miliar
  5. Peningkatan ruas jalan (hotmix) Dumagin A senilai Rp 3 miliar
  6. Peningkatan ruas jalan Kebun (hotmix) Dumagin A senilai Rp 3 miliar

Total: Rp 18 miliar

Sumber: Dinas PU Bolsel

 

Jurnalis       : Rama Yudistira
Editor         : Bonny Hardian

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net