Senin, 28 September 2020

Pembangunan Bolmong Tahun 2021 Fokus pada Pertanian, Perikanan dan Pariwisata

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara mulai menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) APBD untuk tahun anggaran 2021. Penyusunan dilaksanakan bertahap sesuai jadwal yang tersedia untuk masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah.  

Pembahasan dilaksanakan di ruang Sekretaris Daerah lantai III kantor bupati Bolmong, Lolak, dan dimulai sejak Rabu (2/9/2020) sampai dengan (4/9/2020). Dalam penginputan, masing-masing SKPD menghadirkan pejabat teknis.

Pemkab Bolmong dalam penyusunan RKA dengan melakukan penginputan ke Sistem Informasi Pemerintah Daerah yang telah disusun bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pembahasan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong, Yarlis Awaludin Hatam, selaku salah satu anggota TAPD megatakan, RKA disesuaikan visi dan misi bupati dan wakil bupati, Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk. Tahun 2021 adalah tahun keempat kepemimpinan keduanya. Sebagaimana RPJMD yang merujuk pada RPJMN, untuk tahun 2021, arahnya ke pembangunan pemantapan kontribusi sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata terhadap perekonomian regional dan pemerataan pendapatan masyarakat.

“Arah pembangunan merupakan bagian dari RPJMD bupati dan wakil bupati. Sehingga dalam proses perencanaan dan pembangunan semuanya berkelanjutan sejak tahun pertama kepemimpinan, hingga selesai di tahun kelima nanti,” beber Yarlis.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Rio Lombone menambahkan, desk RKA nantinya menjadi acuan Pemkab bersama DPRD untuk penyusunan peraturan-peraturan daerah.

“Penyusunan RKA sebagai dasar untuk rancangan peraturan daerah APBD Induk 2021 yang nantinya ini juga akan dibahas di DPRD,” kata Rio.

Advetorial

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

five × 2 =

instink.net