Senin, 10 Desember 2018

Kurang dari 10 Persen yang Capai Passing Grade CPNS 2018

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

instink.net, NASIONAL – Berdasarkan data Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018, sebanyak 1.724.990 peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS hingga tanggal 12 November lalu. Namun sangat disayangkan, hanya 128.236 peserta yang mencapai nilai ambang batas (passing grade) atau kurang dari 10 persen dari seluruh Indonesia.

Dari minimnya hasil pencapaian ini, tentunya banyak terjadi kekosongan pada formasi CPNS. Sementara disatu sisi, instansi sangat membutuhkan tambahan PNS.

Mengantisipasi kekosongan, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah menyiapkan kebijakan dalam upaya pemenuhan kebutuhan PNS.     

“Saat ini masih dalam penyusunan, dan diharapkan minggu depan PermenPANRB sudah ditandatangani,” ujar Menteri PANRB Syafruddin, Selasa (13/11/2018).

Meski begitu kata Syafruddin, peserta SKD CPNS yang tidak lolos passing grade bukan berarti telah gagal.

“Saat ini Panselnas  sedang melakukan evaluasi dan dalam waktu dekat akan segera mengumumkan solusinya,” ucap Syafruddin.

Menurutnya, Panselnas saat ini sedang menyikapi perkembangan yang ada untuk mengambil langkah-langkah terbaik untuk memenuhi kebutuhan negara. Ia memastikan, langkah yang akan diambil tidak akan merugikan, bahkan akan menguntungkan semua pihak.

“Formulasinya sedang disusun agar dapat memenuhi kebutuhan CPNS yang ada tetapi tetap menghasilkan ASN yang kompetitif dan kredibel,” ujarnya.

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net