Selasa, 17 Juli 2018

Fenomena ‘Supermoon’ dan ‘Bluemoon’ di Akhir Januari 2018

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, NASIONAL – Humas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada siaran persnya,Jumat, 26 Januari 2018, mengatakan akan adanya fenomena gerhana bulan langka pada 31Januari 2018 mendatang.

Fenomena yang akan terjadi pada saat bersamaan, yaitu bluemoon, supermoon, dan gerhana Bulan, karena peristiwa terakhir terjadi pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu.

Menurut LAPAN, fenomena supermoon terjadi ketika saat purnama bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi sehingga ukuran bulan ini menjadi 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya. sementara bluemoon adalah bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender .

Adapun fenomena yang berlangsung pada Rabu, 31 Januari mendatang, akan diawali dengan gerhana sebagian, diikuti dengan gerhana total, gerhana parsial lagi, dan bulan sepenuhnya terlepas dari bayangan bumi.

Tidak seperti gerhana matahari yang hanya bisa diamati di daerah yang sangat terbatas, menurut Humas LAPAN, gerhana Bulan ini bisa diamati dari sebagian besar permukaan Bumi, yaitu dari daerah Amerika Utara, Samudera Pasifik, Siberia Timur dan Asia. Namun, gerhana ini tidak akan terlihat dari sebagian besar Amerika Selatan dan Afrika.

“Proses gerhana Bulan ini terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu tahap gerhana parsial, gerhana total, dan gerhana parsial,” ungkap pejabat Humas LAPAN seraya menambahkan, proses gerhana berlangsung sekitar empat jam.

Tahap-tahap gerhana Bulan ini bisa dilihat seperti berikut.

Awal gerhana parsial terjadi pada 18:48 WIB

Awal gerhana total terjadi pada 19:52 WIB

Puncak gerhana terjadi pada 20:30 WIB

Akhir totalitas terjadi pada 21:08 WIB

Akhir gerhana terjadi pada parsial 22:11 WIB.

Fenomena ini nantinya akan diamati LAPAN di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Sumedang dan Garut serta di Kantor Pusat Sains Antariksa LAPAN.

 

Penulis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
1000
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Prakiraan Musim Kemarau Tahun 2018 oleh BMKG – instink.net Recent comment authors
terbaru terlama terpopuler
trackback

[…] Baca Juga : Fenomena ‘Supermoon’ dan ‘Bluemoon’ di Akhir Januari 2018 […]

instink.net