Bupati Iskandar Bersama Petani Milenial Panen Piral

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Bupati Bolmong Selatan Hi Iskandar Kamaru SPt mendatangi lokasi perkebunan di Desa Botuliodu, yang dijadikan percontohan bagi para petani di Bolsel, Rabu (6/4/2022). Pisang, Rica (cabai) dan Lemon atau disevut Piral telah panen sukses di masa pemulihan pademi ini.

Rabu sore sekira pukul lima, Bupati Iskandar bersama sejumlah pejabat daerah bersama-sama meninjau lokasi perkebunan Piral yang dikelola oleh kelompok petani pemuda di Desa Botuliodu. Seperti di lokasi kebun lemon yang seluas lima hektar itu telah menghasilkan panen yang cukup menggembirakan dan memberikan harapan bagi masyarakat untuk terus melanjutkan sektor komoditi ini menjadi unggulan di desa tersebut.

Petani di Desa Botuliodu panen sejumlah komoditi unggulan di Bolsel.

Petani di Desa Botuliodu panen sejumlah komoditi unggulan di Bolsel.

Menurut Iskandar, hasil panen ini kemudian akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa untuk selanjutnya dikelola agar mendapat keuntungan bagi desa dan masyarakat.

“Hari ini keberhasilan panen mencapai 250 Kilo dalam siklus produksi atau panen periode pertama. Mari kita samua membangun kejayaan petani PIRAL yang 20 tahun silam sangat berjaya, dengan cara memanfaatkan kembali lahan tidur yang ada di daerah Bolsel,” ucap Iskandar kepada para petani.

Kedepan, lanjutnya, jika produksi dari tanaman Piral ini melimpah, Pemkab Bolsel akan melakukan MoU dengan Bank Indonesia untuk menampung semua produk dari petani.

Bupati menambahkan, di tahun ini Pemkab Bolsel telah mengalokasikan pengadaan bibit tanaman Piral, Pisang Rica Lemon melalui APBD. Dan tahun depan, tidak menutup kemungkinan, jika ada permintaan dari masyarakat pemerintah juga akan melakukan pengadaan bibit-bibit yang sama.

Petani milenial di Desa Botuliodu menyambut panen raya.

Petani milenial di Desa Botuliodu menyambut panen raya.

“Untuk itu, kepada bapak ibu sangadi agar bisa mengalokasikan pengadaan bibit dalam program dana desa demi peningkatan sektor pertanian di Kabupaten Bolsel,” janjinya.

Ikut dalam rombongan, Sekda Bolsel Asisten I, II dan III, Kadis Pertanian, Kadis DLH, dan sejumlah pejabat daerah lainnya. (ADV)

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

fifteen − 7 =

instink.net