Selasa, 25 Juni 2019

Ayub Mooduto, Fotografer Asal Bolsel Menjadi Pemateri Iven Deep and Extreme Indonesia ke-13 di Jakarta

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

NASIONAL – Deep and Extreme Indonesia (DXI) adalah iven tahunan yang khusus mempromosikan wisata olahraga ekstrim di Indonesia. Tahun 2019, acara ini yang ke-13 kali dilaksanakan. Dibuka pada hari Kamis (4/4/2019), berbagai kegiatan turut mengisi acara yang digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, antaranya, pemilihan miss scuba, divers run, talk show dan underwater (UW) photo talks.

Ayub Mooduto, fotografer asal Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, turut mengisi materi di UW photo talks. Ia dan fotografer nasional lainnya membahas berbagai topik di acara ini.

“Materinya sampai besok. Ada sekitar 10 pembicara di UW photo talks. Kebetulan malam ini jadwal saya,” kata Ayub saat dihubungi usai memberikan materi, Jumat (5/4/2019) malam.

Di acara ini, koordinator trip and promotion di Bolsel Diving Club itu membagi ilmu fotografi underwater dan editing pemula kepada peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. “Yang kami bahas terkait penggunaan mode kamera, komposisi dan teknik pengambilan gambar, serta banyak lagi,” kata ASN dibagian Humas Pemkab Bolmong ini.

Sebagai informasi, pada 2009, DXI menjadi pameran olahraga ekstrim, petualangan luar ruang, dan ekowisata pertama yang diselenggarakan bersama dengan DEEP Indonesia. Kombinasi dari dua pameran ini telah terbukti sebagai platform pemasaran yang efektif untuk distributor dan pengecer.

“Di iven ini kami juga memamerkan kekayaan alam bawah laut yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,” kata suami tercinta Fitri Hulinggi ini.

Ayub Mooduto dan dunia fotografi

Tahun 2012 pertama kali ia mengenal dunia fotografi. Sejak itu, berbagai teknik fotografi ia pelajari. Beberapa hasil jepretannya juga pernah dimuat di majalah fotografi. Menjadi juru potret di acara-acara pernikahan juga pernah ia jalani. Sejak diangkat menjadi PNS, momen diberbagai kegiatan pemerintahan menjadi tugasnya untuk diabadikan.

Dunia fotografi bawah laut mulai ia geluti sejak tahun 2014. Ditahun yang sama, ia telah berhasil meraih juara pada lomba foto di event WCRC yang dilaksanakan di Kota Manado. Sejak itu, berbagai prestasi terus ia torehkan pada kompetisi fotografi UW baik tingkat nasional maupun internasional. Foto-fotonya pun semakin banyak dimuat di majalah-majalah fotografi, terlebih khusus majalah UW. Bahkan pada tahun 2018 lalu, salah satu fotonya berhasil masuk nominasi “100 Best Photo Underwater” dari seluruh dunia di situs 35award.com.

Berikut beberapa prestasi yang berhasil ia torehkan antara tahun 2014 hingga 2018

  • Juara 1 kategori Compact Macro WCRC di Manado (2014)
  • Juara 3 kategori Compact Macro FTT Bolsel (2016)
  • Juara 1 kategori Compact Macro HUT NDC di Manado (2017)
  • Juara 1 Wide Angle Kelas Open di Festival Pohon Cinta (2018)
  • Juara 1 Open Macro Festival Teluk Amurang (2018)
  • Nominasi 100 Photo Underwater 35 Award.com (2018)

Beberapa karyanya bisa anda lihat di akun Yubz Sukamoto, akun facebook milik Ayub Mooduto.

Penulis : Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net