Senin, 10 Desember 2018

DPRD Bolsel Turut Meriahkan Festival Tulude di Dumagin

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Momentum pelaksanaan Festival Tulude tahun 2018 di Desa Dumagin Kecamatan Pinolosian Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Rabu (31/1/2018), mendapat perhatian oleh DPRD Kabupaten Bolsel. Festival Tulude asal suku Sangihe di Desa Dumagin yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah juga mendapat dukungan oleh lembaga perwakilan rakyat ini.

Di Festival Tulude juga dilakukan pemotongan kue Tamo sebagai penyembahan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dalam rangka mensyukuri satu tahun berlalu yang dilalui warga suku Sangihe

Tiap tahunnya, Festival Tulude mendapatkan alokasi anggaran dari pemerintah atas persetujuan DPRD Bolsel. DPRD menilai, pelaksanaan Festival Tulude sebagai salah satu tradisi adat suku Sangihe ini, dapat dijadikan daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Bolsel.

“Olehnya, DPRD Bolsel sangat mendukung Festival Tulude. Keberadaan suku Sangihe di Bolsel juga aset budaya yang harus dipelihara bersama oleh pemerintah dan DPRD Bolsel,” ucap Ketua DPRD Bolsel Abdi Van Gobel.

Para staf dari Sekretariat DPRD Bolsel juga ikut dalam prosesi Festival Tulude

Di perayaan Festival Tulude suku Sangihe yang di pusatkan di Desa Dumagin, berbagai prosesi adat dan ritual yang digelar berlangsung khidmat dan meriah. Mulai dari pemotongan kue Tamo dan tarian massamper. Ribuan masyarakat menyaksikan rangkaian Festival Tulude yang berjalan mulai siang hingga malam hari.

Tamu dan undangan khusuk dalam doa di prosesi ritual Festival Tulude

 

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Abdi Van Gobel, Wakil Ketua Abdul Razak Bunsal, Ruslan Paputungan, Dedi Abdul Hamid, Petrus Kenny, dan Supatia Kobandaha.

 

Jurnalis  : Advertorial
Editor    : Advertorial

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Komentar

avatar
1000

instink.net