RS Kinapit Kotamobagu Rawat Pasien Suspect Corona

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

KOTAMOBAGU – Salah seorang warga Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut), mengalami indikasi awal infeksi Corona. Pasien saat ini dirawat di rumah sakit Kinapit Kotamobagu.

Humas RS Kinapit, Dede Cahyadi Ali ketika dihubungi mengatakan bahwa pasien tersebut baru kembali pulang umroh, dan saat ini sementara dalam perawatan.

“Kata petugas IGD sih begitu, ada riwayat itu, suspect Corona. Katanya baru pulang umroh,” ucap Dede melalui sambungan telepon. Rabu (4/3/2020) sore.

Dede juga mengatakan, pasien akan segera dirujuk ke RSUP Kandou, Manado.

Ketika dikonfirmasi jurnalis, salah seorang perawat di IGD RS Kinapit menyarankan untuk menghubungi pihak Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu.

Terpisah, Kepala bidang kesehatan masyarakat dan pencegahan dan pengendalian penyakit, Dinas Kesehatan Kotamobagu, Indah Hasan mengatakan, pasien baru sebatas suspect terindikasi virus Corona.

“Jadi, sesuai anjuran WHO, apabila pasien yang terindikasi suspect Corona, harus di isolasi atau di rawat tersendiri. Apalagi jika baru pulang dari luar negeri. Kita tunggu 4-5 hari, jika belum sembuh, kita kirim sampel pemeriksaan ke BPKAL Jakarta,” ujar Indah, Rabu (4/3/2020) malam.

Diketahui, suspect Corona adalah istilah medis yang menyatakan seorang pasien diduga mengidap Corona, tapi belum bisa dipastikan positif atau negatif.

Penulis: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

seven + 1 =

instink.net