Peringati HAN, Bupati Bolmong Sebut Anak Indonesia Harus Memiliki Empati

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 44 tahun 1984, tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Tahun 2018 atau tepatnya pada Senin (23/7/2018), peringatan HAN mengambil tema Anak Indonesia, Anak Genius (Gesit, Empati, Unggul dan Sehat). Sikap-sikap yang harus dimiliki oleh anak untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa saat ini.

Di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, HAN diperingati dengan menggelar upacara oleh Pemerintah Kabupaten yang dilaksanakan di lapangan upacara kantor Bupati, Rabu (25/7/2018). Wakil Bupati Bolmong, Yanny Ronny Tuuk, yang menjadi inspektur upacara, membacakan sambutan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow.

Dalam Sambutannya, Wabup mengatakan bahwa anak Indonesia haruslah gesit dalm bertindak dan berpikir, memiliki empati atau keinginan menolong sesama, merasakan apa yang dirasakan orang lain dan menghargai perbedaan.

“Anak Indonesia juga harus berani bertindak, karena setiap anak adalah istimewa, maka anak Indonesia harus unggul dibidangnya serta sehat dan kuat,” ucap Wabup.

Sekda dan pejabat Bolmong serta unsur Forkopimda Bolmong saat mengikuti upacara.

Wabup juga mengingatkan agar HAN jangan hanya diperingati seremonial, namun harus menjadi momentum perbaikan dan kemajuan perlindungan anak, khususnya menghadapi tantangan literasi digital, komitmen masyarakat, radikalisme dan pemimpin daerah yang responsif anak.

“Literasi digital yang masih lemah menyebabkan anak-anak terpapar muatan-muatan buruk secara tidak terkendali di internet,” ujar Wabup.

Dikesempatan ini Wabup mengajak masyarakat untuk terus memberikan kontribusi terhadap pemajuan perlindungan anak. “Karena potret kualitas anak hari ini menentukan nasib bangsa Indonesia di masa depan.”

Wabup foto bersama pejabat Pemkab Bolmong dan pengurus KUD.

Usai upacara, Yanny Ronny Tuuk memberikan penghargaan kepada beberapa koperasi berprestasi dan mobil bantuan untuk Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA).

Upacara peringatan HAN 2018 juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Koperasi ke 71 dan apel Korpri lingkup Pemkab Bolmong.

Upacara dihadiri oleh perwakilan Dinas PP dan PA Pemprov Sulut dan diikuti oleh pejabat dan ASN lingkup Pemkab Bolmong, unsur Forkopimda Bolmong, serta pengurus koperasi unit desa (KUD) di Bolmong.

Jurnalis : Mathox Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

instink.net