Perayaan Idul Adha 1439 H oleh Pemkab Bolmong

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Hari Raya Idul Adha atau biasa disebut Idul Qurban 1439 hijriyah atau 2018 masehi jatuh pada hari Rabu, 22 Agustus. Umat muslim merayakan Idul Qurban sebagai pengingat akan kuasa Allah Subhanahu Wa Ta’ala diatas segalanya, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim.

Idul Adha atau Idul Qurban juga mengingatkan akan kewajiban kita untuk selalu membagi rejeki yang telah menjadi hak dari mereka yang belum beruntung dalam menghadapi kehidupan di dunia.

Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, yang mayoritas penduduknya beragam Islam, setiap adanya hari-hari besar Islam, selalu diperingati penuh sukacita. Pemerintah daerah juga selalu andil dalam memperingati hari-hari besar keagamaan di wilayah yang di pimpin oleh Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh.

Bupati melepas peserta pawai takbir di Desa Lolan.

Perayaan Idul Adha di Bolmong dimulai dengan pawai takbir pada Selasa, 21 Agustus 2018 malam. Ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat ikut berpartisipasi dalam pawai yang dilepas oleh Bupati Bolmong, yang mengambil star dari Desa Lolan dan finish di lapangan Kelurahan Inobonto.

“Pawai takbir dapat menjadi ajang syiar tentang Islam sebagai agama yang aman, damai serta saling menjaga toleransi, yakni Islam yang rahmatan lil’ alamiin,” kata Bupati pada sambutan pelepasan pawai.

Esok harinya, Bupati dan jajaran pemerintahan serta masyarakat Bolmong, melaksanakan Salat di lapangan Daagon Lolak. Ribuan jamaah tampak hikmad mendengarkan ceramah dari Sekretaris DPRD Bolmong, Hi Yahya Fasa, yang bertugas sebagai khatib pagi itu.

Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban yang dibagikan untuk fakir miskin dan kaum dhuafa. Di Idul Adha tahun ini, Pemkab Bolmong sendiri menyiapkan 6 ekor sapi kurban ditambah sumbangan atas nama pribadi dan keluarga dari Bupati Yasti sebanyak 7 ekor sapi, serta 2 ekor sapi sumbangan dari Gubernur Sulut, Olly Dondokambey. Ke 15 ekor sapi disebar di 15 desa di 15 kecamatan di Bolmong.

Bupati menyaksikan penyembelihan hewan kurban di kantor kecamatan Lolak.

Usai melaksanakan Salat, Bupati dan jajarannya, menyempatkan diri menyaksikan penyembelihan hewan kurban di depan kantor Camat Lolak. Selanjutnya petugas membagi-bagikan potongan daging kurban kepada masyarakat yang terlebih dahulu diberikan kupon.

“Tentang makna idul kurban, berarti mengajarkan rasa kepedulian kita kepada saudara-saudara yang kurang beruntung, yaitu kaum dhuafa. Sehingga, saudara-saudara kita tersebut akan merasakan kebahagiaan dan rezeki yang halal dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” kata Bupati.

Siang hari sekitar pukul 13.00 WITA di hari yang sama, Bupati melaksanakan open house di rumah dinas. Bupati menjamu tamu yang hadir antaranya Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara dan rombongan, pejabat dan ASN Bolmong, serta masyarakat.

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

4 × two =

instink.net