Pemda Bolsel Terima Predikat ‘B’ LAKIP 2019

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penilian dengan predikat nilai ‘B’ atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah pelaksanaan tahun 2019 kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Penyerahan atas prestasi kinerja pemerintah ini diberikan pada acara SAKIP Award 2019 ’’Making Change, Making History’’ yang digelar di Hotel Tentram Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (24/2).

Acara penyerahan penghargaan tersebut dihadiri para gubernur, bupati dan walikota Wilayah III yang meliputi melipputi Provinsi DIY, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Sulut, Provinsi Sulsel, Provinsi Gorontalo, Provinsi Sultra, Provinsi Sulteng, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua, Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara. Di mana Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid menerima penghargaan tersebut langsung oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

Wabup Bolsel Deddy Abdul Hamid bersama Kepala Bappeda Arifin Matulu dan pejabat Bolsel lainnya saat menghadiri acara penyerahan penghargaan LAKIP 2019. (Foto: Diskominfo Bolsel)

Wabup Deddy mengatakan, pencapaian nilai B dalam LAKIP ini oleh Pemda Bolsel ini merupakan prestasi yang tidak mudah bagi pemerintah yang baru berusia satu dasarawsa ini.

“Ini satu capaian yang sangat menggembirakan bagi pemerintah Bolsel. Sebab selain daerah baru, Kabupaten Bolsel juga bisa sejajar dengan daerah lain yang sudah maju dalam penyelenggaraan kepemerintahan di daerah,” ucap Deddy.

Meski begitu, menurutnya, prestasi ini bukan akhir dari komitmen dan tugas-tugas kepemerintahan di Kabupaten Bolsel. Tentunya akan diperlukan lagi kiat-kiat dan upaya oleh Pemda Bolsel dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah sesuai yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah dan peraturan presiden nomor 29 tahun 2014 tentang sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Di mana untuk lebih meningkatkan pelaksanaan pemerintahan yang lebih berdayaguna, berhasil guna, bersih dan bertanggung jawab.

Wabup Bolsel Deddy Abdul Hamid menerima predikat LAKIP 2019. (Foto: Dinas Kominfo Bolsel)

“Tujuan utama LAKIP ini adalah pengalokasian anggaran yang sesuai dengan kebutuhan dan bertujuan bagi kesejahteraan masyarakatnya,” kata Deddy.

Sementara itu, Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru mengaku bersyukur atas apa yang dicapai Pemkab Bolsel yan mendapat nilai B. Menurutnya ini capaian yang luar biasa berkat kerja keras serta kebersamaan para pegawai di lingkup pemerintahan daerah Bolsel.

Wabup Bolsel Deddy Abdul Hamid saat foto bersama dengan kepala daerah lainnya dengan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo. (Foto: Diskominfo)

“Alhamdulilah puji syukur kepada Allah SWT, tahun ini LAKIP pemerintah Bolsel tahun  2019 raih nilai B. Berkat kebersamaannya kami ucapkan terima kasih dan semoga untuk kerja lebih baik lagi menuju Bolsel Hebat,” ucap Iskandar.

Diketahui untuk LAKIP, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu-satunya Provinsi se-Indonesia peraih nilai tertinggi yakni dengan Nilai AA yang diterima langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X (Gubernur DIY). Sementara untuk tingkat Kabupaten/Kota yang mendapat Nilai tertinggi untuk Wilayah III yakni Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah dengan Nilai A dan juga merupakan salah satu dari 11 Kabupaten/Kota se-Indonesia yg mendapatkan Nilai tersebut. (ADV)

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

1 × three =

instink.net