Minat Masyarakat Bolmong Pada Sensus Penduduk Masih Rendah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Rendahnya minat masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk tahun 2020 secara online mendapat perhatian khusus dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bolmong.

Kepala Disdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala mengungkapkan, hal tersebut berdasarkan hasil evaluasi. Bahkan, kata Iswan, Bolmong terendah dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Sulut.

Mengantisipasi keadaan, kata Gonibala, pihaknya bersama Badan Pusat Statistik membuka layanan sensus secara kordner di kantor Disdukcapil.

“Masyarakat akan mendapat pelayanan pengisian data penduduk secara online oleh Disdukcapil dan BPS,” ujarnya, Selasa (3/3/2020).

Baca: [DATA] Jelang C acah Jiwa, Berikut Jumlah Penduduk Bolmong per Kecamatan

Sementara itu, Kepala Seksi Statistik Sosial, BPS Bolmong, Riku Pinontoan mengakui partisipasi masyarakat Bolmong yang melakukan pengisian data penduduk secara online baru berkisar 1 persen.

“Padahal sensus penduduk secara online untuk memudahkan masyarakat yang memiliki mobilitas pekerjaan yang tinggi,” kata dia.

Menurut Riki, sistem kordner menjadi salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut.

Diketahui, sensus penduduk secara online telah dimulai pada tanggal 15 Februari 2020, dan akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Editor: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

twenty − 12 =

instink.net