Larung Bunga untuk Pahlawan di Pelabuhan Labuang Uki

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Puluhan pejabat Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah melarungkan karangan bunga dan menabur bunga di Pelabuhan Labuan Uki, Kecamatan Lolak, Selasa (10/11/2020). Kegiatan ini sebagai bagian dari peringatan Hari Pahlawan ke-75 tahun.

“Ini merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah daerah atas jasa para pahlawan yag rela berkorban segalanya termasuk nyawa untuk merebut kemerdekaan,” kata Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang, saat memimpin upacara pelarungan dan tabur bunga.

Hari pahlawan, kata Tahlis, seyogyanya menjadi bahan renungan bagi anak bangsa sekaligus dibuat sebagai penyemangat untuk menyumbangkan sesuatu yang berharga terhadap bangsa dan negara.

Iapun mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Bolmong untuk tidak melupakan jasa-jasa perjuangan para pahlawan.

Di tahun-tahun sebelumnya, di Bolmong, sebelum melakukan pelarungan, biasanya dilaksanakan upacara bendera di lapangan upacara kantor bupati Bolmong. Namun, situasi pandemi COVID-19 mengharuskan kegiatan tersebut ditiadakan.

Meski demikian, sebagai penghormatan terhadap pengorbanan para pahlawan, pelarungan dan tabur bunga tetap dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta upacara diwajibkan menggunakan masker.

Bagi Pemkab Bolmong, selain para pahlawan yang telah gugur, jasa-jasa para pejuang yang hingga kini masih hidup juga semestinya jangan sampai terlupakan. “Jasa mereka akan dikenang sepanjang masa,” ucap Tahlis.

Pada upacara pelarungan dan tabur bunga, turut dihadiri para veteran pejuang kemerdekaan. Sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih atas jasa mereka, atas nama Pemkab Bolmong, Tahlis menyerahkan cindera mata kepada para veteran kemerdekaan.

Advertorial

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

20 + sixteen =

instink.net