Kominfo Bolmong Sukses Gelar Lomba Menulis Tentang Kemerdekaan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75, Pemerintah Kabupaten  Bolaang Mongondow menggelar lomba menulis feature yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Lomba mengambil tema “Bolmong memaknai Merdeka”.

Lomba tulisan yang berfungsi untuk menginformasikan suatu peristiwa, atau kehidupan seseorang yang dikemas dengan kalimat hiburan yang menarik ini, di ikuti oleh para pewarta yang tergabung dalam Sahabat Jurnalis Bolmong (SJB) dari berbagai media cetak maupun media online.

Setiap jurnalis yang ikut dalam lomba menulis feature tersebut, diberikan waktu selama 10 hari, untuk memuat hasil karyanya di media masing-masing. Peserta juga dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan dalam bentuk PDF ke email Kominfo Bolmong, serta bukti pemuatan tulisan atau link berita.

Antusias para jurnalis untuk mengikuti lomba ini cukup besar. Berbagai sifat dan karakter tulisan disajikan lewat pemberitaan dan sebanyak 39 tulisan masuk ke Dinas Kominfo. 39 tulisan itu yang dinilai oleh para juri professional dan berkompeten yang telah disiapkan oleh Kominfo Bolmong. Para juri tersebut masing-masing adalah A.S. Laksana (mantan wartawan, penulis dan esais), Hamid Basyaib (Komisaris Utama Balai Pustaka, mantan wartawan, penulis dan esais), Yusi A Pareanom (mantan wartawan dan novelis).

Sabtu (5/9/2020) pengumuman pemenang dilaksanakan secara Daring oleh tim penilai, yang di fasilitasi oleh Diskominfo Bolmong, bertempat di Kedai Kopi Jarod Matali. Tiga tulisan yang terbaik, diantaranya Juara I Artur Rompis Tribun Manado, Juara II Rahmat Kadullah Instink.net dan Juara III Viko Karinda dari Harian Aspirasi Rakyat. Ketiganya mendapat piagam penghargaan dan uang sebesar Rp4 juta, Rp3 juta dan Rp2 juta.

Senin (8/09/2020), bertempat di kantor Dinas Kominfo Bolmong, berlangsung penyerahan hadiah. Hadiah diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM.

Tahlis dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Diskominfo yang sudah menggagas kegiatan yang baru pertama kali dilakukan di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) ini. Karena melalui lomba menulis feature ini, banyak hal yang sifatnya informasi penting bagi pemerintah daerah, dan ini sangat membantu Pemkab dalam proses pengambilan kebijakan nanti. Topik yang diangkat oleh para Jurnalis, menyangkut kepentingan orang banyak.

“Lomba ini merupakan waktu yang tepat untuk mendapat informasi-informasi dari berbagai bidang, termasuk pendidikan dan lain sebagainya,” kata Tahlis.

Selain itu, Sekda juga sangat berterima kasih kepada para wartawan. Ia berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan. Menurutnya, persoalan siapa yang juara itu sudah dilakukan dengan penilaian yang sangat kompetitif dari juri.

“Semua tulisan dari teman-teman wartawan saya ikuti, dan semuanya bagus. Untuk itu, atas nama Ibu Bupati dan pemerintah daerah, menyampaikan selamat kepada para pemenang. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus dilakukan secara terus menerus,” ucapnya.

Advertorial

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

nineteen − 2 =

instink.net