Kisman: Bantuan Nelayan Harus Adil

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pria ini tampak cukup andil membantu para nelayan penerima bantuan usai acara penyerahan bantuan alat tangkap nelayan yang disalurkan Dinas Perikanan Kabupaten Bolmong Selatan, di Desa Pinolosian Selatan Kecamatan Pinolosian, Selasa (3/10/2020). Namun, pagi hari itu, dia belum cukup beruntung.

Kisman Dani (37) warga Desa Pinolosian Selatan ikut menarik perahu kapasitas enam orang itu sampai di pasir pantai. Di desanya menjadi lokasi acara penyaluran bantuan perahu nelayan jenis fiber berjumlah 65 unit oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bolmong Selatan. Puluhan nelayan berkumpul di hari itu.

Tidak seperti beberapa nelayan lainnya. Mereka menyambut senang bantuan tersebut akhirnya sampai ditangan. Di lain sisi, sebenarnya, kehadiran Kisman hanya ingin melihat suasana penyaluran bantuan. Sejumlah nelayan penerima bantuan cukup ia kenal. Beberapa ada yang berasal desa di Kecamatan Bolaang Uki, dan Pinolosian Tengah. Dan tampaknya ia ingin dari bagian beberapa kelompok nelayan beruntung itu.

“Saya punya perahu yang saya buat sendiri. Tapi saya belum pernah dapat bantuan,” ucap Kisman.

Pada penyaluran bantuan-bantuan nelayan tahun sebelumnya, ia mengaku cukup kecewa. Karena menurutnya tidak adil jika diberikan kepada pekerja kebun.

“Harusnya diberikan kepada nelayan ‘murni’, bukan ‘campuran’,” terangnya. Ia tidak mempersoalkan bantuan nelayan diberikan kepada pekerja nelayan; karena ada nelayan yang tidak serius fokus mencari ikan. “Hanya musiman saja. Kalau musim cengkeh, perahu dia tinggalkan, bahkan sampai rusak karena lama tidak dipakai atau dijual kembali,” ungkapnya.

Penyaluran bantuan nelayan di akhir tahun ini ia masih cukup legowo, karena hampir sebagian besar adalah benar-benar nelayan. Dan jumlah perahu yang diterima tiap kelompok ada lima unit.

“Waktu itu (sebelumnya) satu kelompok hanya satu atau dua unit saja. Pasti mereka di kelompok itu berebutan perahu. Jalan terakhir, perahu dijual dan uangnya dibagi rata,” bebernya.

Meski begitu ia sangat berharap kelompoknya bakal mendapat bantuan di tahun depan. “Kalau saya tidak kemana-mana. Tok di laut. Saya tidak bisa berkebun,” ucap pria dua anak ini.

Diketahui, perahu bantuan disalurkan untuk 13 KUB nelayan dengan jumlah perahu 65 unit kapasitas 0,5 GT. Tiap kelompok berjumlah 10 orang mendapat lima unit perahu. Juga 54 coolbox dan 2 unit Fish Finder untuk 2 kelompok, serta Bagan 1 unit untuk satu kelompok. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Pjs Bupati Praseno Hadi didampingi Dinas Perikanan Kabupaten Bolmong Selatan camat dan kepala desa setempat.

Jurnalis: Faisal Manoppo
Editor    : Bonny Hardian 

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

twelve − eight =

instink.net