Gratis, Diksar CPNS Bolmong Dianggarkan Miliaran Rupiah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) telah menentukan waktu pelaksanaan pendidikan dasar (Diksar) untuk 218 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Bolmong pada bulan oktober 2019 mendatang.

Anggaran sebesar Rp2,8 miliar disiapkan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong. Menurut Kepala BKPP Umarudin Amba, Diksar tidak dipungut biaya atau gratis.

“Mulai dari sewa gedung, honor pengajar, berbagai keperluan peserta dan fasilitas penunjang lainnya kita yang siapkan. Anggarannya sudah ada,” kata Amba.

Lanjut Amba, Pemkab tengah berupaya agar pelaksanaan Diksar mengambil lokasi di wilayah Bolmong. Dikatakannya, Gedung SMK Yadika yang terletak di Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, cukup representatif.

“Ada asrama, ruang belajar, tempat olah raga, serta faslitas lainnya juga sudah tersedia,” katanya. BKPP saat ini sementara melobi ke Badan Diklat Provinsi Sulut untuk lokasi pelaksanaan di daerah saja.

Baca :

Mantan Camat Dumoga Tenggara itu menerangkan, keinginan untuk melaksanakan Diksar pada tahun ini karena Pemkab Bolmong menargetkan segala urusan CPNS selesai pada tahun ini termasuk status menjadi PNS.

“Kita sudah siapkan anggaran. Jadi tidak perlu ditunda lagi. Kita juga sudah lobi ke Gorontalo. Mereka siap. Target kita, CPNS Bolmong naik status jadi PNS (100 persen) tahun ini,” ujarnya.

Disisi lain, kata Amba, Pemkab Bolmong akan bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk ketersediaan tenaga pengajar.

“Saat ini ada beberapa daerah yang sementara melaksanakan Diksar di badan Diklat Provinsi. Belum lagi daerah-daerah yang sudah antri jauh sebelumnya. Jika menunggu, Bolmong bisa dipastikan nanti dilaksanakan tahun 2020,” bebernya.

Editor: Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

one − one =

instink.net