Empat Suku Adat Sambut Kedatangan Pemimpin Bolsel

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kedatangan Hi Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid sehari setelah pelantikan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Bolmong Selatan periode 2021-2024, disambut dengan ritual adat Bolango, Sabtu (27/2/2021).

Prosesi adat menyambut kedatangan pemimpin Bolmong Selatan itu dilakukan di pintu masuk perbatasan Desa Matayangan, antara Kabupaten Bolmong dengan Bolmong Selatan.

Acara jemput adat dengan tarian Mopotirlo dan doa-doa oleh pemuka adat tersebut disaksikan oleh mantan bupati Bolmong Selatan yang kini Anggota DPRI RI Komisi V, Hi Herson Mayulu SIP, juga Sekda Marzanzius Arvan Ohy, sejumlah pejabat, dan para tokoh masyarakat dan adat.

Hi Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid saat disambut secara adat

Hi Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid saat disambut secara adat suku Bolango di Kecamatan Bolaang Uki.

Ada empat prosesi penjemputan adat yang telah dilalui oleh Hi Iskandar Kamaru – Deddy Abdul Hamid selang tiga hari sehari setelah dilantik di gedung aula kebernuran Provinsi Sulut di Manado. Empat suku adat tersebut yakni suku Bolango, Mongondow, Gorontalo dan Sangihe.

Selanjutnya Bupati Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt dan Wabup Deddy Abdul Hamid dijemputan adat Bolango di Kantor Kecamatan Bolaang Uki pada pukul 10.00 Wita yg diawali dengan tarian adat Mopotilro dan lanjut dengan sambutan selamat datang oleh Camat Bolaang Uki.

“Atas nama masyarakat Bolaang Uki mengucapkan selamat kepada Bapak Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt dan Bapak Deddy Abdul Hamid yang sudah dilantik sebagai Bupati dan Wabup Bolsel, dari ujung timur Tabilaa sampai ujung barat Tangaga siap mendukung penuh visi misi Bupati dan Wakik Bupati,” ucap Camat Bolaang Uki, Nurhaeda Yasin SE.

Di tempat yang sama Bupati Iskandar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas penjemputan adat oleh masyarakat dan adat Bolango.

Hi Iskandar Kamaru SPt saat dilantik di gedung aula kegubernuran Provinsi Sulut, Jumat 26 Februari 2021.

Hi Iskandar Kamaru SPt dan Deddy Abdul Hamid saat dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Bolsel di gedung aula kegubernuran Provinsi Sulut, Jumat 26 Februari 2021.

“Saya dan pak Deddy mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada tokoh adat Bolsel Hi Herson Mayulu SIP dan masyarat Bolaang Uki khususnya kepada suku Bolango,” ucap Iskandar seraya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun dan mewujudkan Kabupaten Bolsel yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Tokoh Adat yang juga sebagai anggota Komisi V DPR RI Hi Herson Mayulu SIP mengucapkan selamat datang kepada Bupati dan Wabup Bolsel di Kecamatan Bolaang Uki.

“Saya dan masyarakat suku Bolango mengucapkan selamat datang kepada Bapak Hi. Iskandar Kamaru dan Bapak Deddy Abdul Hamid di Kecamatan ini, semoga amanah ini akan menjadi berkah untuk kita semua yang ada di Bolsel,” tutur mantan bupati Bolsel ini. (ADV)

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

16 − three =

instink.net