Dinas Dukcapil Bolsel Berikan Pelayanan di Rumah Bagi Lansia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Instink.net, Bolsel– Dampak pandemic virus Corona-19 tidak menurunkan kinerja pemerintah daerah Bolmong Selatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) di Kabupaten Bolmong Selatan, misalnya, membuka pelayanan di rumah warga bagi yang ingin mengurus dokumen kepedudukan, Jumat (29/5).

Dinas Dukcapil Bolsel telah menyediakan pelayanan langsung dengan mendatangi masyarakat yang membutuhkan pembuatan e-KTP atau dokumen kependudukan lainnya. Sejumlah petugas pelayanan kependudukan mulai turun ke desa-desa sejak akhir Mei lalu. Mereka membawa sejumlah peralatan yang dibutuhkan untuk pembuatan e-KTP, akta kelahiran atau dikumen sejenisnya.

‘’Program ini kami namakan ‘Jempol’ atau Jemput Pola. Pelayanan Jemppol untuk perekaman e-KTP dan keperluan pengurusan dokumen kependudukan lainnya juga diterapkan di tiap kantor yang ada di kecamatan,’’ ucap Gunawan.

Kadis Gunawan menambahkan, untuk pelayanan jempol ini, yakni memberikan pelayanan pengurusan KTP dan sebagainya di rumah warga, itu dikhususkan bagi warga yang telah lanjut usia atau sedang sakit. Selain itu, tidak sedikit juga warga yang berdomisili di pelosok desa yang jauh dari ibukota, kesulitan mengurus e-KTP karena tidak mampu membayar ongkos transportasi.

‘’ Karena ada yang sudah uzur dan tidak ada kesanggupan lagi menuju ke kantor, maka kami pihak Dukcapil melakukan perekaman langsung di kediaman yang bersangkutan agar dimudahkan mendapatkan KTP elektronik. Juga beberapa warga yang tidak sanggup lagi untuk mengantri di kantor, sehingga Disdukcapil menerjunkan petugasnya ke rumah-rumah warga tersebut,’’ ucap Gunawan.

Sejak program jempol ini dilaksanakan, masyarakat menyambutnya secara antusias. Ini diihat dengan naiknya jumlah permintaan pengurusan elektronik KTP dan itu dilakukan secara bergilir. Juga data lainnya dari pemerintah provinsi dengan jumlah terbanyak perekaman e-KTP di Bolsel.

 

Jurnalis            : Rahmat Putra Kadullah
Editor              : Bonny Hardian

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

1 × 5 =

instink.net